Bola Internasional

Dirilis, Persib Bandung Jauh Ungguli Valencia di Ranking Dunia

Rabu, 6 Desember 2017 14:33 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Abdurrahman Ranala
© Arief R/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung di laga melawan Bhayangkara FC. Copyright: © Arief R/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung di laga melawan Bhayangkara FC.

Meski di kompetisi Liga 1 meraih hasil yang mengecewakan, Persib Bandung masuk daftar 160 besar klub Asia per Desember 2017. Klub Maung Bandung mengungguli dua klub Thailand Bangkok Glass (116), Sukhothai FC (117) serta klub Korea Utara, April SC (129) dan klub tangguh Maladewa, Valencia (142) dalam rangking Asia yang dirilis Global Football Ranks.

Sementara, Persipura Jayapura berhasil menjadi klub terbaik Indonesia di daftar rangking tersebut. Mereka menempati posisi ke- 75 mengungguli Adelaide United (78) dan Selangor FA (94).

© Global Football Ranks
Peringkat Persib di Asia Copyright: Global Football RanksPeringkat Persib di Asia

Penilaian ini berdasarkan peforma mereka di kompetisi Liga Champions Asia dan AFC Cup dalam empat tahun terakhir. Namun, pada tahun ini baik Persipura maupun Persib Bandung tidak berlaga di kompetisi Asia sehingga poin mereka tidak bertambah. 

© Global Football Ranks
Peringkat Valencia di Asia Copyright: Global Football RanksPeringkat Valencia di Asia

Persipura berhasil mengumpulkan 17.014 poin karena peforma apik mereka di AFC Cup 2014 dan 2015. Sementara Persib Bandung mengumpulkan 8.448 karena berhasil melaju ke babak 16 besar AFC Cup 2015.

Adapun peringkat teratas Asia berhasil diraih Al-Hilal dari Arab Saudi yang mengemas 128 poin. Lalu diikuti oleh Al Ain (119 poin), Guangzhou Evergrande (102 poin), dan FC Seoul (101 poin).

© Global Football Ranks
Peringkat Persipura di Asia Copyright: Global Football RanksPeringkat Persipura di Asia

Untuk kompetisi Asia tahun depan, Indonesia udah pasti diwakili oleh Bali United dan Persija Jakarta. Sementara Madura United menjadi cadangan wakil Indonesia di AFC Cup. Andai Bali United berhasi melaju ke fase grup Liga Champions Asia, makan dipastikan Laskar Sape Kerrap bersama Persija tampil di AFC Cup 2018.

© Global Football Ranks
Peringkat 5 besar di Asia Copyright: Global Football RanksPeringkat 5 besar di Asia
3.1K