Liga 1

Dua Calon Bintang SFC Terancam Batal Gabung Jika Gagal Lewati Tes Ini

  • Sriwijaya FC terus menunjukkan geliat di bursa transfer untuk musim depan.
  • Setelah berhasil merekrut Makan Konate dan Adam Alis, kini Sriwijaya FC (SFC) kembali mengklaim sukses mendapatkan pemain Timnas Tajikistan, Manuchekhr Dzhalilov, dan bintang dari Mali, Mahamadou N'Diaye.
  • Namun, walau keduanya berstatus pemain bintang, mereka belum tentu jadi bergabung dengan SFC karena masih akan ada tahapan tes lagi. Apa itu?
Kamis, 7 Desember 2017 01:16 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Caption Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Caption

Sriwijaya FC terus menunjukkan geliat di bursa transfer untuk musim baru. Tim Laskar Wong Kito bahkan terbilang sangat aktif dengan kejutan-kejutan yang diberikan melalui perekrutan pemain yang datang seiring dengan penunjukkan Rahmad Darmawan sebagai pelatih kepala.

Setelah deretan pemain bintang seperti Makan Konate dan Adam Alis, kini Sriwijaya FC (SFC) kembali mengklaim sukses merekrut pemain terbaik Asia versi Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) tahun 2017, Manuchekhr Dzhalilov, dan bek tengah yang bermain di Ligue 1 Prancis, Mahamadou N'Diaye.

Manuchekhr Dzhalilov, pemain terbaik AFC yang gabung ke Sriwijaya Fc Copyright: INDOSPORTManuchekhr Dzhalilov, pemain terbaik AFC yang gabung ke Sriwijaya Fc

Khusus dua nama terakhir, walaupun berstatus pemain bintang, keduanya tetap akan melewati satu tes lagi sama seperti seluruh pemain Sriwijaya FC baik lokal atau pun asing yang sudah deal lisan atau teken pra kontrak. Tes itu adalah medical check up.

Medical check up itu pasti harus dilakukan pada semua pemain. Nanti hasilnya akan diserahkan pada pelatih kepala dan manajemen,” ungkap Dokter Tim El Amin saat dijumpai di Stadion Bumi Sriwijaya, (06/12/17).

Bagi manajemen Sriwijaya, setiap awal musim tes kesehatan memang selalu wajib dilakukan. Apalagi pada pemain yang riwayat kesehatannya sulit terdeteksi. Seperti pemain asing yang baru bergabung di Liga Indonesia, apapun statusnya.

Bek tengah SFC, Mahamadou N'Diaye, dan striker Tajikistan, Manuchekhr Dzhalilov, menjadi pendatang baru di Liga 1 sehingga memang SFC harus selektif soal kesehatan dan cedera pemain.

Mahamadou N

Pelatih Fisik SFC Rasiman pun punya pandangan yang sama. Dikatakannya, saat bersama Pelatih Rahmad Darmawan menangani T-Team, medical check up dilakukan manajemen di awal musim. Bersama SFC pun sudah pasti sama. Dia pun percaya tim asal Sumsel ini pasti selalu melakukan hal itu setiap awal musim.

“Penting mengetahui riwayat kesehatan pemain. Dia sehat atau tidak, menderita penyakit tertentu atau tidak, ada virus berbahaya dalam tubuhnya atau tidak, termasuk menderita cedera atau tidak,” jelasnya. Medical Check-up sendiri akan dilakukan di Palembang. 

Dzalilov sendiri masuk dalam skenario SFC karena Beto dan Vizcarra ingin dinaturalisasi. Kesepakatan harga sudah terjadi di antara kedua belah pihak. SFC bahkan sudah mengirimkan tiket ke Dzalikov menuju Palembang.

Jika sang pemain dinyatakan sehat dan bebas dari cedera parah, maka diyakini manajemen akan langsung menyodorkan kontrak sesuai dengan kesepakatan.

Latihan Tim Srwijaya FC Copyright: INDOSPORTLatihan Tim Srwijaya FC