Ini Komentar Gelandang Persib soal Pemain Indonesia

Kamis, 7 Desember 2017 04:02 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Raphael Maitimo. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Raphael Maitimo.

Permainan Timnas Indonesia memang menuai banyak pujian dari berbagai pihak. Banyak yang menilai bahwa Tim Garuda setiap tahunnya menunjukkan perkembangan yang cukup pesat.

Bahkan, pelatih Timnas Mongolia Michael Weiss memprediksi Indonesia akan menjadi yang terbaik di benua Asia. Pendapat yang dilontarkan Weiss tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Namun, dirinya melihat adanya kekuatan dari Tim Garuda di masa mendatang.

Kemajuan ini pun juga tak lepas dari lahirnya liga domestik yang ada di Indonesia saat ini. Secara tidak langsung, kompetisi yang saat ini bernama Liga 1 tersebut, membuat persepakbolaan kian meningkat.

Hal itu juga dirasakan langsung oleh pemain naturalisasi Raphael Maitimo. Pemain Persib Bandung tersebut menyebutkan bahwa Indonesia memiliki pemain talenta-talenta yang cukup baik.

© voetbalzon
Raphael Maitimo, gelandang Persib Bandung. Copyright: voetbalzonRaphael Maitimo, gelandang Persib Bandung.

“Pemain Indonesia memiliki cukup banyak bakat dan juga fisiknya bagus. Tapi taktisnya sedikit kurang, serta fasilitas dan organisasinya kurang alami, yang membuatnya menarik dan menantang,” ujarnya dikutip Voetbalzone.

Hal ini lah yang membuatnya bertahan di perspeakbolaan Tanah Air. Terhitung, dirinya sudah menghabiskan empat tahun di Indonesia. Kini, dirinya pun menjelaskan bahwa akan bertahan di Persib Bandung untuk musim mendatang.

591