Liga1 Indonesia

Liga 1 dan Liga 2 Usai, PT LIB Masih Tunggak Subsidi

  • Kompetisi Liga 2 telah berakhir beberapa waktu lalu dan berhasil dikampiuni oleh Persebaya Surabaya. Namun selesainya Liga tak selesai semua urusan, masih banyak sisakan permasalahan besar.
  • Menurut Manajer Persebaya, hingga kini Persebaya belum mendapat uang subsidi dan hadiah yang dijanjikan PT LIB kepada juara Liga 2.
Kamis, 7 Desember 2017 18:32 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Rizky Pratama Putra
© internet
PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Copyright: © internet
PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

Kompetisi Liga 2 telah berakhir beberapa waktu lalu dan berhasil dikampiuni oleh Persebaya Surabaya. Namun selesainya Liga tak selesai semua urusan, masih banyak sisakan permasalahan besar.

Ternyata PT Liga Indonesia Baru (LIB) selain belum membayarkan dana subsidi ke tim Liga 1. Pun demikian dengan para peserta Liga 2 yang belum mendapatkan haknya.

Manajer Persebaya Surabaya, Chairul Basamalah, langsung angkat bicara atas permasalahan ini. Menurutnya hingga kini Persebaya belum mendapat uang subsidi dan hadiah yang dijanjikan PT LIB kepada juara Liga 2.

"Hingga saat ini kami belum mendapatkan apa yang dijanjikan oleh PT LIB terkait hadiah pertandingan," ujar Basalamah, dikutip dari ngopibareng.id.

Seperti diketahui, PT LIB berjanji akan memberikan hadiah kepada Persebaya yang menjadi kampiun Liga 2 dengan total uang Rp1 milyar.  Tak hanya itu, Basalamah juga mengeluhkan uang ganti rugi pemindahan venue babak 8 besar yang digelar dari Cikarang ke Bandung juga sama sekali belum mendapat kejelasan.

"Kerugian yang kemarin kami pindah ke Bandung katanya akan ditanggung, tapi nyatanya juga tidak jelas dibayar atau enggak. Sisa uang subsidi juga tidak jelas. Hadiah juara kami juga belum dapat," keluhnya.

Sebelumya PT LIB juga diketahui masih menunggak kekurangan biaya subsidi klub di Liga 1, Chief Operation Officer LIB, Tigorshalom Boboy pernah menjelaskan soal dana yang ditunggak PT LIB.

Direktu Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTDirektu Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy.

"Sebenarnya kami sudah sampaikan itu (subsidi klub) pas pertemuan terakhir di Hotel Sultan, dan kami sampaikan juga ke Exco (PSSI). Kami bukannya ingin mengabaikan, tapi karena belum bisa tereksekusi dalam waktu dekat," jelas Tigor pada (30/12/17) lalu.

"Teman-teman klub juga tahu itu. Kami tidak mau lari dari tanggung jawab. Kami akan selesaikan secepatnya. Paling tidak Desember tahun ini sudah selesai. Masih ada tiga bulan (tunggakan), Rp625 juta dikali tiga. Plus Rp1,5 miliar (subsidi terakhir)," tambahnya.

Persebaya Surabaya juara Liga 2 2017. Copyright: Indosport/Arif RahmanPersebaya Surabaya juara Liga 2 2017.

Kendati demikian, Basalamah tetap percaya jika PT LIB akan segera memberikan tanggungjawabnya. Namun yang membuatnya prihatin adalah kapan dana tersebut akan segera dibayarkan.

"Kami percaya akan segera dibayar tapi kapannya kami tidak tahu. Apa tahun 2019 apa berapa tahun lagi kan gak tahu," tutupnya