Liga Europa

Lolos ke Babak 32 Besar sebagai Juara Grup, Italia Siap Kuasai Liga Europa?

Jumat, 8 Desember 2017 08:53 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Persaingan perebutan gelar juara Liga Europa 2017/18 tampaknya akan didominasi klub-klub asal Negeri Pizza. Ada 4 tim Italia yang dipastikan akan bersaing untuk mendapatkan trofi yang dinamakan Piala Bertoni. Jumlah ini memang sama dengan wakil Spanyol di babak 32 Besar. Tapi Italia mampu menunjukkan dominasi mereka karena tiga wakil mereka mampu lolos sebagai juara grup.

AC Milan berhasil menjuarai Grup D dengan koleksi 11 poin, diikuti AEK Athena dengan torehan 8 poin. Selain itu, penyerang I Rossoneri, Andrea Silva juga tercatat sebagai top skor sementara Liga Europa.

© INDOSPORT
Andrea Silva melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya usai mencetak gol ke gawang Austria Wien. Copyright: INDOSPORTAndrea Silva melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya usai mencetak gol ke gawang Austria Wien.

Hal yang sama diraih Atalanta. Klub yang berasal dari Bergamo, Italia ini bahkan mampu memunggungi klub Prancis, Lyon. Alejandro Gomez dkk mampu mengoleksi 14 poin dalam 6 pertandingan. Disusul Lyon yang berada di peringkat kedua Grup E, dengan torehan 11 poin.

© Internet
Alejandro Gomez Copyright: InternetAlejandro Gomez

Lazio juga demikian. Kesebelasan asal Roma, Italia ini juga menunjukkan taji di pentas Eropa. Anak asuh Simone Inzaghi ini berhasil menjuarai Grup K Liga Europa musim ini dengan torehan 13 poin. Lazio menyingkirkan Nice (Prancis), Zulte Waregem (Belgia), dan Vitesse (Belanda) yang tak mampu mencapai 10 poin. 

© Internet
Napoli vs Lazio Copyright: InternetNapoli vs Lazio

Dominasi italia akan ditambah oleh kehadiran Napoli. Klub ini sebelumnya peserta Liga Champions 2017/18 yang gagal lolos ke babak 16 Besar. Napoli gagal bersaing dengan Shakhtar Donetsk, Feyenoord, dan Man City. Dries Mertens dkk terpaksa harus turun kasta dan menggenapi klub Italia yang akan berlaga di Liga Europa. 

Dengan mengirim empat tim ke babak 32 Besar, mampukah Italia kembali ke masa kejayaannya? Atau hanya akan menjadi peserta pelengkap saja. 

356