Liga Europa

Deretan Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropa 2017/18

Jumat, 8 Desember 2017 06:11 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Trofi Liga Europa. Copyright: © INDOSPORT
Trofi Liga Europa.

Babak penyisihan grup Liga Eropa musim 2017-2018 telah usai. Seluruh tim dari grup A-L sudah melakoni pertandingannya masing-masing pada Jumat (12/08/17) dini hari WIB. Dengan begitu, sudah ada 24 tim yang dipastikan lolos baik sebagai juara grup maupun runner-up grup. 

Seperti peraturan yang ada, ke-24 klub yang lolos dari 12 Grup (A-L) ini akan bergabung dengan 8 klub peringkat 3 yang gagal di babak penyisihan grup Liga Champions. Jika ditotal, maka akan ada 32 tim.  

Hampir semua tim-tim unggulan bisa melenggang dari grup A-L. Tim-tim unggulan juara seperti Arsenal, AC Milan, Dynamo Kiev, Villareal, Zenit St. Petersburg dan Lazio mampu melenggang sebagai juara grup dengan relatif mudah. 

Kejutan terbesar terjadi di Grup E ketika klub papan tengah inggris, Everton, harus tersingkir dengan selisih poin jauh dari peringkat ke-2. Justru tim yang minim pengalaman di Eropa yaitu Atalanta yang berhasil menjuarai grup mengangkangi raksasa Prancis, Olympique Lyonnais, yang ada di posisi runner-up. 

Pada matchday terakhir ini, ada 4 klub yang sebelumunya sudah dipastikan keluar sebagai juara grup tumbang oleh lawan terakhirnya. Mereka adalah AC Milan , Lazio, Villareal, dan Sporting Braga. AC MIlan dikalahjkan oleh Rijeka 2-0, Lazio dikalahkan oleh Zulte-Waregem 3-2, Villareal dipermalukan Maccabi Tel Aviv di kandang, dan Sporting Braga ditumbangkan oleh Istanbul Basak. 

Sementara itu, sejumlah tim berhasil lolos dan keluar sebagai juara grup setelah melakoni laga terakhir malam tadi. Di antaranya adalah Viktoria Plzen yang harus menang 0-2 menghadapi Hapoel Be'er Sheva untuk mengamankan posisi puncak grup G dan  Lokomotiv Moskwa yang juga mesti menang 0-2 atas FC Zlin untuk dapat lolos menjadi juara grup. 

Berikut adalah klub-klub yang lolos ke babak 32 besar Liga Eropa:

Grup A 
Villareal 
Astana

Grup B
Dynamo Kiev
Partizan

Grup C
Sporting BRaga
Ludogoredts

Grup D
Milan
AEK Athens

Grup E
Atalanta
Lyon

Grup F
Lokomotiv Moscow
FC Copenhagen

Grup G
FC Viktoria Plzen
Steaua Bucureşti

Grup H
Arsenal
Crvena Zvezda

Grup I
FC Salzbourg
Olympique de M

Grup J
Athletic Club
Östersunds FK

Grup K
Lazio
OGC Nice

Grup L
Zenit
Real Sociedad

Sementara itu ke-8 tambahan tim lain yang akan bergabung adalah: CSKA Moskwa, Celtic, Atlético Madrid, Sporting CP, Spartak Moskwa, Napoli, RB Leipzig, Borussia Dortmund.

281