Liga Primer Inggris

Mourinho Jadi Alasan Wasit Kontroversial Ini Tinggalkan Inggris?

Sabtu, 9 Desember 2017 11:46 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Shaun Botterill/Getty Images
Wasit asal Inggris, Mark Clattenburg. Copyright: © Shaun Botterill/Getty Images
Wasit asal Inggris, Mark Clattenburg.

Pada musim 2016/17 wasit kontroversial Inggris, Mark Clattenburg membuat keputusan yang mengejutkan dimana dirinya ingin berhenti dari jabatannya sebagai wasit di Liga Primer Inggris.

Langkah mendadak Clattenburg tersebut membuat berbagai pihak bertanya-tanya mengenai sebab dibalik keputusannya itu, mengingat dirinya sangat profesional dalam memimpin sebuah laga domestik maupun laga internasional meski terkadang mengeluarkan keputusan yang cukup kontroversial.

Dikutip dari Goal, kini Clattenburg akhirnya mengakui apa yang sebenarnya terjadi saat dirinya memutuskan untuk hengkang dari Liga Primer Inggris. Dan ternyata, Mourinho termasuk salah satu alasannya.

"Saya menjadi wasit ketika Wayne Rooney memecahkan rekor Bobby Charlton. Pada laga tersebut, Jose Mourinho mendatangi ruangan saya untuk melayangkan protes karena tidak memberikan penalti kepada timnya," ujar Clattenburg.

© INTERNET
Wayne Rooney saat meminta keadilan kepada wasit, Mark Clattenburg. Copyright: INTERNETWayne Rooney saat meminta keadilan kepada wasit, Mark Clattenburg.

"Saya menempuh perjalanan pulang sepanjang 402 km dan berpikir kalau saya telah membuat kesalahan. Lalu saya mulai mempertimbangkan untuk berhenti dan akhirnya mengambil keputusan tersebut," ungkap Clattenburg.

Wasit berusia 42 tahun tersebut saat ini sedang terikat kontrak kerja bersama Liga Arab Saudi dengan gaji yang cukup besar, yakni 8 miliar rupiah per tahunnya, selain itu ia akan memperoleh berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak kerajaan Arab Saudi.

919