Liga 1

Penuh Polemik, Ini Komentar Essien untuk Sepakbola Indonesia

Minggu, 10 Desember 2017 01:47 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Alain Gadoffre/Icon Sport/Getty Images
Michael Essien, gelandang Persib Bandung. Copyright: © Alain Gadoffre/Icon Sport/Getty Images
Michael Essien, gelandang Persib Bandung.

Marque player milik Persib Bandung, Michael Essien mulai angkat bicara tentang persepakbolaan Tanah Air, mengingat mantan pemain Chelsea tersebut telah menghabiskan satu musim di Liga Indonesia.

Essien menjelaskan bahwa standar sepakbola Indonesia tidak terlalu buruk dibandingkan liga-liga lain. Dirinya menghimbau kepada para pemain asing untuk tidak berpikir bahwa Liga Indonesia tak memiliki kualitas.

Selama ini beberapa pemain asing ternama ogah berkarier di liga-liga Indonesia. Pasalnya, liga-liga di Indonesia masih belum baik jika dibandingkan dengan negara Asia lainnya. Namun, hal ini dibantah oleh Essien.

“Standar sepakbola Indonesia cukup baik, dan tidak semudah yang dipikirkan orang,” ujar Essien dilansir dari Bola.com.

Pemain yang sempat berseragam Real Madrid tersebut pun menilai bahwa Indonesia memiliki talenta yang cukup baik. Hal itu terlihat ketika Essien mendapatkan kecocokan dengan beberapa pemain Persib pada musim lalu.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Michael Essien berdeul dengan salah satu pemain Arema FC. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMichael Essien berdeul dengan salah satu pemain Arema FC.

“Di sana (Liga Indonesia) juga terdapat beberapa pemain bagus. Para pemain juga cocok bermain dengan saya,” tambahnya.

Bermain di Indonesia, menurut Essien, merupakan tantangan tersendiri bagi pemain berusia 35 tahun tersebut. Hal ini lah yang membuat Essien bertahan untuk berkarier di Indonesia hingga musim mendatang.

“Anda pasti tahu, bermain di cuaca panas sangatlah tidak mudah, tetapi standar di sana (Indonesia) bagus. Saya cukup terkesan berada di sana, karena semuanya tidak mudah,” tutupnya.

38