Man United 1-2 Man City: Kokoh di Puncak Klasemen!

Senin, 11 Desember 2017 01:26 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Otamendi merayakan golnya ke gawang Manchester United. Copyright: © INDOSPORT
Otamendi merayakan golnya ke gawang Manchester United.

Derby Manchester tersaji dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-16, saat Manchester United menjamu Manchester City di Old Trafford Stadium. Bermain di depan pendukungnya sendiri, Man United menelan kekalahan 1-2.

Babak Pertama

Dapat dikatakan bahwa kemenangan di laga ini akan memudahkan Manchester City dalam meraih gelar juara Liga Primer Inggris musim ini. Sementara, kemenangan untuk kubu Man United merupakan modal berharga mereka dalam memangkas jarak dengan pimpinan klasemen tersebut.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, nyatanya tak membuat Setan Merah tampil lebih terbuka. Dominasi akan jalannya pertandingan diperlihatkan oleh The Citizens, di saat skuat Jose Mourinho melakukan pertahanan di area jantung pertahanan mereka.

Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh anak asuh Pep Guardiola. Namun ketatnya lini pertahanan tuan rumah membuat keduanya urung mencetak gol di 40 menit babak pertama dimulai.

Hingga pada akhirnya David Silva berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang David De Gea menjadi sebuah gol. Gelandang serang Timnas Spanyol itu berdiri bebas di depan De Gea, dan melancarkan tendangan voli yang tak mampu diselamatkan kiper Man United itu. 1-0 Man City unggul di menit 43.

Tak ingin malu di depan pendukungnya sendiri, Man United pun berhasil mengoyak gawang Ederson di penghujung babak pertama. Lesakkan Marcus Rashford melalui skema serangan balik, penyerang Timnas Inggris itu berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di babak pertama ini.

Babak Kedua

Tak ada perubahan berarti pada babak kedua ini. Man City masih terlihat mendominasi akan jalannya pertandingan, dengan terus melakukan serangan demi serangan. Sementara Setan Merah masih terlihat ‘parkir bus’ di area pertahanan mereka.

Blunder fatal terjadi saat Romelu Lukaku hendak menyapu umpan silang hasil tendangan bebas yang dilakukan oleh David Silva. Lukaku melakukan sapuan, yang mana bola justru membentur punggung Smalling. Bola liar pun berhasil dimanfaatkan oleh Otamendi menjadi sebuah gol. 2-1 Man City unggul.

Unggul satu gol tak membuat pasukan Pep Guardiola mengendurkan serangan. Namun, tertinggal satu gol justru membuat skuat Man United bermain lebih terbuka. Lukaku dkk kerap kali melakukan serangan balik saat bola berhasil dicuri dari rangkaian serangan yang dibangun oleh The Citizens.

Namun hingga peluit babak kedua ditiup, Man City berhasil mempertahankan keunggulan 2-1 mereka dari Man United. Kemenangan ini pun membuat The Citizens semakin kokoh di puncak klasemen dengan raihan 46 poin, unggul 11 poin dari Man United di peringkat kedua.

Berikut starting XI kedua tim:

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Valencia, Smalling, Rojo, Young; Herrera, Matic; Martial, Lingard, Rashford; Lukaku.

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Kompany, Otamendi, Delph; De Bruyne, Fernandinho, David Silva; Sterling, Jesus, Sane.

767