Banyak Pemain Hijrah ke Luar Negeri, Andik: Di Luar Negeri Lebih Menantang

Selasa, 12 Desember 2017 19:12 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Musim depan, akan ada beberapa pemain Indonesia yang bermain di luar negeri seperti Thailand dan Malaysia. Sebut saja Evan Dimas dan Ilham Udin yang dipinang Selangor FA. Selain mereka ada Ryuji Utomo yang pindah dari Persija Jakarta ke klub Thailand PTT Rayong.  

Pernah berkarier di luar negeri, Andik Vermansah memberikan tanggapannya soal para pemain Indonesia yang hijrah ke luar negeri.

Andik Vermansah menyebut bermain diluar negeri lebih menantang, namun bukan berarti bermain di Indonesia kurang begitu bagus kualitasnya.

"Bukan begitu, hanya kalau di luar kan jadi pengalaman baru, tantangan baru," ujar Andik saat ditemui di Markas Komando Strategis Angkatan Darat (Makostrad), Selasa (12/12/17). 

© Selangor FA
Selebrasi Andik Vermansah. Copyright: Selangor FASelebrasi Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA.

Selain itu Andik juga mengatakan bahwa dengan dia bermain di luar negeri, dirinya bisa menjadi contoh bagi para pemain muda Indonesia.

"Dengan saya di luar, saya bisa memberi solusi dan pengetahuan soal pengalaman saya di luar untuk anak-anak muda, dan juga sebagai batu loncatan bagi mereka," pungkas pemain berusia 26 tahun tersebut.

41