Gattuso: Milan Lebih Aman Bermain dengan 4 Bek

Selasa, 12 Desember 2017 23:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Gennaro Gattuso resmi menjadi pelatih tim utama AC Milan. Copyright: © Getty Images
Gennaro Gattuso resmi menjadi pelatih tim utama AC Milan.

Gennaro Gattuso telah menunjukan tanda-tanda kalau ia akan lebih sering menggunakan empat pemain belakang dalam formasi AC Milan karena dinilai dapat memberikan jaminan bagi skuatnya. "Itu memberikan kami jaminan lebih (di pertahanan)" katanya. 

Milan kembali menggunakan formasi 4-3-3 kala berhasil menumbangkan Bologna 2-1 pekan lalu. Hasil itu memberikan skuatnya rasa percaya diri untuk menatap pertandingan berikutnya di Coppa Italia kontra Hellas Verona.  

"Menggunakan empat pemain bertahan? Itu memberikan kami jaminan lebih, tetapi benar bahwa kami harus berkembang. Kami harus berkembang dalam bertahan meskipun persoalan tidak hanya pada pertahanan tapi juga tim secara keseluruhan," ujarnya seperti dikutip dari Milan TV

Gattuso juga menambahkan bahwa tiap kemenangan yang diterima AC Milan akan semakin menambah kepercayaan diri. 

"Kemenangan membuatmu bermain lebih baik dan memberikan kepercayaan diri. Pertandingan kemarin penting, tetapi perjalanan masih terjal. Hal terpenting adalah untuk melihat anak-anak berlatih dengan baik," 

"Banyak yang harus dilakukan. Kami memenangi pertandingan penting (melawan Bologna), tetapi kami sekarang harus berpikir mengenai pertandingan esok," katanya.

© INDOSPORT
Jack Bonaventura merayakan golnya ke gawang Bologna. Copyright: INDOSPORTJack Bonaventura merayakan golnya ke gawang Bologna.

Ketika masih ditangani Montella, Milan hampir selalu turun dengan menggunakan barisan 3 bek di belakang baik dalam pola 3-5-2 atau 3-4-3. Namun, hampir semua pertandingan itu pula Milan selalu meraih hasil negatif. Milan hanya berhasil menang melawan tim lemah seperti Austria Wien di Liga Europa dan ketika menghadapi Sassuolo. Selebihnya, Milan kalah dari Juventus, seri lawan AEK Athens, kalah lawan Inter, kalah lawan Roma, kalah lawan Napoli, seri lawan Torino, dan seri lawan Genoa. 

Sementara itu, terakhir kali Milan menggunakan 4 bek adalah ketika melawan Chievo dan menang 1-4 (26/11/17) dengan menempatkan Romagnoli, Musacchio, Calabria, dan Rodriguez dalam formasi 4-3-3. 

Ketika menggunakan 3 bek, biasanya Milan menempatkan C. Zapata-Bonucci-Rodriguez atau Romagnoli-Bonucci-Zapata. Padahal, jika menengok sejarah AC Milan, klub Kota Mode ini selama ini identik dikenal dengan 4 bek seperti kala digawangi oleh Maldini, Nesta, Cafu, Costacurta, atau Maldini, Nesta, Stam, Massimo Oddo, atau Maldini, Costacurta, Baresi, dan Tassotti di era 90-an.  

© Internet
Milan era 90an Copyright: InternetMilan era 90an dengan formasi empat bek : Maldini, Costacurta, Baresi, Tassotti
51