Jadi Pemain Terbaik Afrika 2017, Salah Torehkan Sejarah Baru

Selasa, 12 Desember 2017 16:57 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© TheSun
Mohamed Salah enggan merayakan gol ke gawang Chelsea. Copyright: © TheSun
Mohamed Salah enggan merayakan gol ke gawang Chelsea.

BBC resmi menetapkan Mohamed Salah menjadi Pemain Terbaik Benua Afrika versi mereka tahun 2017. Penyerang Timnas Mesir itu juga merupakan topskor sementara di Liga Inggris musim ini dengan torehan 13 gol.

Pemain kelahiran Nagrig tersebut berhasil mendapat perolehan suara terbanyak melalui voting yang dilakukan oleh para pendengar radio milik pemerintah Inggris tersebut.

Gelar yang didapat Salah ini menjadikan dirinya sebagai pemain Mesir ketiga yang raih penghargaan serupa. Sebelumnya ada Mohamed Barakat 2005 dan Mohamed Aboutrika di tahun 2008.

Dengan raihan Salah ini, ia berhasil ciptakan sejarah baru. Ia merupakan satu-satunya pemain Mesir yang berlaga di luar negeri saat menangi penghargaan ini.

© INDOSPORT
Mohamed Salah vs Brighton. Copyright: INDOSPORTMohamed Salah vs Brighton.

Salah berada di salah satu klub Liga Inggris, yaitu Liverpool. Sementara Barakat dan Aboutrika waktu itu berstatus sebagai pemain klub lokal Mesir, Al Ahly.

“Aku sangat senang bisa memenangi penghargaan ini. Sangat spesial rasanya setiap kali Anda memenangi sesuatu. Terima kasih kepada seluruh teman-temanku di Liverpool. Musim lalu aku menjalani musim yang hebat bersama AS Roma. Terakhir, untuk rekan-rekan di tim nasional Mesir,” ujarnya dilansir dari football5star.com.

Tahun ini memang menjadi momen spesial bagi pemain berusia 25 tahun tersebut. Selain tengah rajin-rajinya mencetak gol di level klub, Salah juga sukses membawa Mesir ke Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 27 tahun terakhir.

37