Rangkuman Transfer Pemain Klub-klub Liga 1

Selasa, 12 Desember 2017 15:35 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bursa transfer Liga Indonesia makin semarak. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bursa transfer Liga Indonesia makin semarak.

Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2018, sejumlah klub mulai menunjukkan geliat dalam merekrut dan melepas pemain. Namun, belum semua klub peserta Liga 1 yang sudah mendapatkan amunisi baru. Sebagian masih adem ayem.

Menurut kabar yang santer beredar dalam beberapa hari terakhir, Liga 1 2018 akan dimulai pada 24 Februari 2018. Meski jadwal ini belum resmi dari PT LIB, tapi memang Liga 1 2018 direncanakan bergulir pada Februari 2018.

Dalam satu bulan terakhir, praktis belum banyak klub yang melakukan aktivitas transfer. Klub-klub yang paling getol mendatangkan dan melepas pemain hingga saat ini adalah Sriwijaya FC, Bali United, Persija Jakarta, dan Madura United. Bahkan sang juara Liga 2, Persebaya Surabaya, masih sebatas memantau tanpa ada aksi lebih lanjut.

© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Dua pemain asing Sriwijaya FC asal Mali Makan Konate dan Mahamadou N’Diaye jalani latihan perdana bersama Sriwijaya FC. Copyright: Muhammad Effendi/INDOSPORTDua pemain asing Sriwijaya FC asal Mali Makan Konate dan Mahamadou N’Diaye jalani latihan perdana bersama Sriwijaya FC.

Di antara klub-klub yang paling getol merekrut pemain, Sriwijaya FC yang berada di urutan pertama. Pasalnya, klub kebanggaan warga Sumatera Selatan ini telah mendatangkan pemain-pemain berkelas. Plus pelatih berkualitas saat memboyong Rahmad Darmawan.

Laskar Wong Kito telah mendapatkan marquee player Mahamadou Ndiyae, lalu playmaker Makan Konate, hingga pemain asing gres Manuchekhr Dzhalilov yang merupakan Pemain Terbaik Piala AFC 2017.

Klub yang mewakili Indonesia di kancah Asia musim depan, Bali United, juga tak mau kalah. Laskar Serdadu Tridatu telah mendapatkan Bruno Demerson sebagai pemain asing anyar mereka. Ditambah sejumlah pemain muda berkualitas yang bakal memperkuat pasukan di musim depan.

Klub-klub elite lain seperti Persib Bandung dan PSM Makassar bukan tidak bergerak mencari penambahan skuat. Persib belum banyak bergerak karena menunggu kedatangan pelatih anyar Roberto Carlos Mario Gomez yang baru diperkenalkan pada Minggu (10/12/17) lalu.

© www.baliutd.com
Eks Chapocoense gabung Bali United Copyright: www.baliutd.comEks Chapocoense gabung Bali United

Sementara PSM memilih untuk melakukan operasi senyap yang hasilnya baru akan diketahui ketika sudah menggelar latihan resmi awal Januari nanti. Bahkan manajemen pun masih malu-malu untuk mengakui sudah mencapai kesepakatan dengan striker asal Australia, Bruce Jose Djite.

Paling gres, sudah tentu kabar hengkangnya Ilija Spasojevic dari klub juara Liga 1 2017, Bhayangkara FC. Namun, belum diketahui dengan pasti klub mana yang akan menjadi pelabuhan berikutnya bagi striker Timnas Indonesia itu.

© INDOSPORT/M.Adhyaksa
Perkenalan pemain baru Persija. Copyright: INDOSPORT/M.AdhyaksaPerkenalan pemain baru Persija.

Berikut sejumlah transfer pemain di klub-klub Liga 1 yang INDOSPORT rangkum hingga Selasa (12/12/17). Untuk beberapa klub yang belum melakukan aktivitas transfer, maka tidak dimasukkan dalam daftar di bawah ini.

Arema FC

Masuk: Rivaldy Bawuo, Joko Ribowo, Ahmad Nur Hardianto, Gufroni Al Maruf, Jefri Kurniawan
Keluar: Esteban Vizcarra, Adam Alis, Beny Wahyudi, Juan Pablo Pino, Ahmad Bustomi, Arief Suyono

Bali United

Masuk: Hanis Saghara Putra, Ahmad Agung, Feby Eka Putra, Bruno Demerson, Sutanto Tan
Keluar: Abdulrahman, Alfonsius Kelvan, Jackson Tiwu, Steven Imbiri, Amrun Mubarok, Samsul Pelu, Hasyim Kipuw, Syakir Sulaiman, Sylvano Comvalius, Marcos Flores, Azka Fauzi

Barito Putera

Masuk: Mariando Djonak Uropmabin
Keluar: Dedi Hartono, Valentino Telaubun

Bhayangkara FC

Masuk: -
Keluar: Evan Dimas Darmono, Ilham Udin Armayn, Ilija Spasojevic

Borneo FC

Masuk: Edy Gunawan, Marlon Da Silva, Bagus Nirwanto, Yericho Christiantoko, Dirga Lasut
Keluar: Shane Smeltz, Kunihiro Yamashita, Flavio Beck Junior, Matheus Lopes

Madura United

Masuk: Satria Tama, Beny Wahyudi, Alfath Faathier, Imam Bagus, Marcel Sacramento
Keluar: -

Mitra Kukar

Masuk: Rifan Nahumarury, M. Luthfi Kamal, Mauricio Leal
Keluar: Marclei Santos, Yogi Rahadian

Persija Jakarta

Masuk: Sandy Sute, Septinus Alua, Valentino Telaubun, Arthur Bonai, Ahmad Syaifullah
Keluar: William Pacheco, Rohit Chand, Amarzuki, Jefri Kurniawan, Ryuji Utomo, Sutanto Tan, Arthur Irawan, Irfandi Zein, Pandi Lestaluhu

PSM Makassar

Masuk: Bruce Jose Djite
Keluar: Syamsul Chaeruddin

PS TNI

Masuk:  Pandi Lestaluhu, Irfandi Zein
Keluar: Erwin Ramdani, Guntur Triaji, Redouane Zerzouri, Ellio Bruno Martins, Hong Soon Hak, Franklin Clovis

Sriwijaya FC

Masuk: Adam Alis, Novan Setya Sasongko, Irsyad Maulana, Agung Prasetyo, Alfin Tuasalamony, Yogi Rahadian, Samuel Christianson, Zulfiandi, Syahrian Abimanyu, Esteban Vizcarra, Manuchekhr Dzhalilov, Mahamadou Ndiyae, Makan Konate
Keluar: Yohanis Nabar

2K