Persiapan Asian Games 2018, Timnas Indonesia Kemungkinan Pakai Lapangan ABC Senayan untuk TC

Selasa, 12 Desember 2017 16:58 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Timnas Indonesia saat melawan Guyana. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Timnas Indonesia saat melawan Guyana.

Timnas Indonesia akan berpartisipasi dalam ajang Asian Games 2018 dan bertindak sebagai tuan rumah. Untuk itu tim pelatih dan juga federasi sepakbola Tanah Air, PSSI telah merancang program sebagai persiapan yakni dengan menjalani laga uji coba di ajang test event pada Februari 2018 mendatang.

Khusus untuk ajang test event tersebut, asisten pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti menjelaskan mereka akan kembali memanggil para pemain untuk menjalani pemusatan latihan tepatnya pada Januari 2018.

Menariknya ia juga mengatakan ada peluang bagi Timnas Indonesia untuk menjajal tempat baru sebagai lokasi untuk menjalani latihan yakni Lapangan ABC Senayan yang telah selesai di renovasi.

Kabar ini jelas menjadi angin segar, lantaran selama beberapa tahun belakangan Skuat Garuda selalu berlatih di luar kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) seperti di Bogor, Bali, Tangerang, hingga Yogyakarta.

"Persiapan dan program terdekat Timnas adalah di bulan Januari tahun depan. Itu nanti ada TC (training centre) singkat untuk ajang test event," jelas Bima Sakti ke INDOSPORT.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Asisten pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTAsisten pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti.

"Soal tempat atau lokasi TC saya juga belum tau nih. Mungkin bisa juga di sana (Lapangan ABC Senayan)," imbuhnya saat disinggung mengenai lokasi latihan berikutnya.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia pada Januari tahun depan memang dikhususkan untuk ajang test event Asian Games yang kabarnya akan diikuti oleh sejumlah negara dari kawasan Asia seperti Korea Selatan (Korsel), Cina, Malaysia, Qatar, Vietnam, serta Arab Saudi.

Sedangkan untuk lokasi latihan, sejatinya Lapangan ABC Senayan sudah bisa digunakan. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bahkan telah meresmikan lapangan di kawasan Stadion GBK itu pada Sabtu (02/12/17) lalu. Jika nanti digunakan, akan ada banyak keuntungan yang didapat Timnas Indonesia.

Sebagai informasi, Lapangan ABC Senayan terdiri dari tiga unit lapangan, yakni dua buah lapangan dengan menggunakan rumput natural dengan jenis Zoysia Japonica (lapangan A) dan Zoysia Matrella (lapangan B) yang merupakan jenis rumput khas Indonesia yang dikembangkan di Solo oleh ahli bidang perumputan. Sedangkan Lapangan C menggunakan rumput sintetis.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presiden Joko Widodo bersama Ratu Tisha saat meresmikan Lapangan ABC Senayan. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPresiden Joko Widodo bersama Ratu Tisha saat meresmikan Lapangan ABC Senayan.

Spesifikasi lapangan ini pun telah sesuai dengan standar kualitas dari Federation International Football Association (FIFA). Bahkan khusus lapangan B, rumput yang digunakan layaknya dengan yang ada di Stadion Allianz Arena, kandang Bayern Munchen, yakni memakai jenis Zoysia Matrella sama halnya dengan Stadion GBK.

57