In-depth

AC Milan Jual Kiper Mudanya Seharga 1,1 Triliun

Rabu, 13 Desember 2017 15:02 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma. Copyright: © INDOSPORT
Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma.

Meski baru berusia 18 tahun, kiper muda AC Milan, Gianluigi Donnarumma akan dijual dengan harga 70 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. Rumor kepindahannya pun sedang hangat dibahas oleh media Italia.

Sebenarnya Kiper asli Italia itu baru saja memperpanjang kontraknya bersama AC Milan pada musim panas lalu. Walaupun sudah dinaikkan gajinya, sang agen Mino Raiola, tetap berusaha mencari klub baru bagi kiper kelahiran 1999 ini.

Agen  Donnarumma Minta Manajemen AC Milan Gaji Tambahan

Kabar dari Sky Sports Italia, sang agen dalam sebulan terakhir ini sudah meghubungi pihak manajemen AC Milan. Diduga, Raiola menawar harga lebih dari harga yang diberikan manajemen.

Di saat bersamaan, terungkap bahwa AC Milan sebenarnya tidak pernah menandantangani klausul rilis Donnarumma yang sebelumnya dikabarkan bernilai 50 juta euro. Dengan demikian, keputusan pindah atau tidaknya kiper Timnas Italia itu lebih bergantung pada keputusan sang pemain.

Dalam posisi menyulitkan ini, I Rossoneri harus memilih diantara dua pilihan.  Pertama, mereka harus merelakan Donnarumma pergi dan memasang harga setinggi mungkin. Atau, mereka bisa kehilangan kiper binaan akademi itu dengan harga murah jika sang kiper memang berniat pindah.

© Matthew Ashton/GettyImages
Mino Raiola, agen dari Romelu Lukaku. Copyright: Matthew Ashton/GettyImagesMino Raiola, agen dari Donarumma

Namun yang pasti, Donnarumma tidak akan mungkin hengkang dalam waktu dekat. AC Milan bagaimana pun akan tetap mempertahankannya, minimal hingga akhir musim ini. Keputusan akan sangat tergantung pada prestasi I Rossoneri di akhir musim.

Jika gagal menembus Liga Champions, diyakini Donnarumma akan berpikir ulang untuk loyal di San Siro. Hal ini sebelumnya juga telah disampaikan beberapa kali oleh Raiola. Meski tidak ada kesepakatan tertulis, ia bertekad mencarikan klub baru untuk kliennya jika AC Milan gagal berprestasi.

Nasibnya Ditentukan Akhir Musim

Meski begitu, yang pasti kiper muda ini tak akan hengkang dari timnya dalam waktu dekat. Biar bagaimanapun AC Milan pasti akan tetap mempertahankannya. Keputusan tergantung pada pihak manajemen I Rossoneri.

© twitter
Gianluigi Donnarumma, Kiper AC Milan Copyright: twitterGianluigi Donnarumma, Kiper AC Milan

Jika gagal tembus Liga Champions, diyakini kiper bernomor punggung 99 ini tak akan dipastikan bertahan di San Siro. Karena sebenarnya hal ini sudah ia sampaikan melalui sang agen, Raiola. Meski tak ada kesepakatan tertulis, ia akan pergi jika AC Milan tak torehkan prestasi.

Faktor penentu lainnya adalah kondisi neraca keuangan AC Milan. Seperti diketahui, akibat belanja besar-besaran di bursa transfer musim panas lalu, Diavolo kini tengah mendapat sorotan dari UEFA dan terancam terkena sanksi Financial Fair Play di akhir musim. Apalagi, proposal kesepakatan sukarela yang mereka ajukan beberapa waktu lalu juga ditolak.

PSG Sangat Inginkan Donnarumma

Paris Saint Germain menjadi salah satu dari sekian banyak klub yang menginginkan dirinya. PSG sendiri merupakan tim yang paling 'ngebet' mendatangkan Donarumma. Tim raksasa Prancis itu baru-baru ini dikabarkan kembali mengontrak agen Donarumma, agar bisa membujuk kliennya pindah ke Stadion Parc des Princes.

© INDOSPORT
Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma dan logo PSG. Copyright: INDOSPORTKiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma

Untuk kiper muda sekelas Donarumma, diyakini bahwa klub yang kaya raya itu tak akan pikir panjang mengontrak Donarumma. Buktinya, saat mendatangkan Neymar Jr dari Barcelona (220 juta euro) dan Kylian Mbappe dari AS Monaco (180 juta euro).

Di samping PSG, di dalam negeri ada Juventus yang juga sangat ingin memiliki Donnarumma. I Bianconeri memproyeksikan Donnarumma sebagai pengganti Gianluigi Buffon yang akan segera pensiun tahun depan. 

106