Bola Internasional

Pemain Belanda Berdarah Maluku Ini Berpotensi Dinaturalisasi Untuk Bela Timnas Indonesia

  • Selain Sandy Walsh, Navarone Chesney Kai Foor, pesepakbola berdarah Belanda Indonesia ini juga pantas di naturalisasi agar bias bela Timnas Indonesia.
  • Debut sepakbolanya di Belanda sudah tak diragukan lagi, terbukti dirinya yang masuk Timnas Oranye U-20 ini tampil cukup apik.
Jumat, 15 Desember 2017 14:24 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Indonesian Eleven
Navarone Chesney Kai Foor, pemain Belanda berdarah Maluku. Copyright: © Indonesian Eleven
Navarone Chesney Kai Foor, pemain Belanda berdarah Maluku.

Selain Sandy Walsh, Navarone Chesney Kai Foor, pesepakbola berdarah Belanda-Indonesia ini juga pantas di naturalisasi agar bisa bela Timnas Indonesia.

Namanya mulai terdengar di tahun 2012 lalu sejak dirinya terpilih sebagai man of the match pada laga NEC Nijmegen kontra FC Twente, di salah satu ajang Liga Belanda.

Waktu itu NEC Nijmegen berhasil permalukan FC Twente dengan skor 3-1. Performanya terus meningkat  hingga laga tandang ke klub VVV Venlo, di laga itu ia juga berhasil mencetak gol.

Kini, pemain asal Opheusden, salah satu kota di Belanda itu, merumput bersama klub divisi teratas Liga Belanda, Vitesse. Dirinya menjadi orang yang lumayan diandalkan di timnya saat ini.

Melihat perkembangan pemain berdarah Maluku itu, publik pecinta sepakbola pun mulai mengenalnya, bahkan sampai Indonesia. Warganet pun kini sedang ramai bicarakan pemain kelahiran 4 Februari 1992 ini. Bahkan publik Belanda berharap Navarone Foor bias direkrut klub besar belanda seperti PSV.

Navarone Chesney Kai Foor, pemain Belanda berdarah Maluku, Indonesia Copyright: internetNavarone Chesney Kai Foor, pemain Belanda berdarah Maluku, Indonesia

Mendengar kabar ini, dirinya pun merasa senang jika banyak pecinta sepakbola yang menyukainya.

“Itu bagus, saya senang mendengarnya,” ungkap punggawa timnas Belanda, U-20 itu dilansir dari sepakbolanda.com.

Kualitas pemain 25 tahun itu juga tak terlewatkan dari pantauan bakat untuk timnas Belanda. Pada Mei 2010, ia menjalani debut pertamanya bersama timnas Oranye U-19. Setelah usianya 20 tahun, pelatih Timnas Belanda U-20Adrie Koster, masih panggil Navarone untuk gabung di Belofte Oranye.

Navarone Chesney Kai Foor, pemain Belanda berdarah Maluku, Indonesia Copyright: internetNavarone Chesney Kai Foor, pemain Belanda berdarah Maluku, Indonesia

Melihat statistiknya bermain di Belanda dan setelah namanya muncul ke permukaan dengan segudang prestasinya, pihak PSSI akan langsung terbang ke Belanda untuk memantau perkembangan pemain ini. Pasalnya namanya juga tercatat di Kemenpora sebegai pesepakbola keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri.

Dan perlu diketahui, berkat penampilannya yang sangat luar biasa ini, pemain yang pernah untuk timnas U-19 Belanda ini memiliki bandrol yang sangat tinggi, yakni mencapai 1,75 juta Euro berdasar data tranfermarkt.