Bola Internasional

Spanyol Terancam Tak Ikut Piala Dunia 2018, Kenapa?

Jumat, 15 Desember 2017 23:01 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Gerard Pique kala memperkuat Timnas Spanyol. Copyright: © INDOSPORT
Gerard Pique kala memperkuat Timnas Spanyol.

Partisipasi Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018 nampaknya akan terancam. Menurut laporan El Paris, FIFA telah mengirimkan surat peringatan kepada Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF). Hal itu dikarenakan adanya indikasi campur tangan pemerintah dalam persepakbolaan Spanyol.

Seperti yang diketahui, FIFA tidak akan memberikan toleransi kepada negara yang melibatkan pemerintah dalam pemilihan ketua federasi sepakbola. Pasalnya, federasi sepakbola di setiap negara harus dijalankan secara independen.  Jika ada yang melakukannya, FIFA akan men-skors negara tersebut.

Artinya, Spanyol tidak akan diijinkan bermain di Piala Dunia Rusia mendatang jika memang ada keterlibatan pemerintah dalam federasi sepakbolanya.

“Setiap federasi sepakbola harus mengatur urusan mereka secara independen dan memastikan bahwa tidak ada keterlibatan oleh pihak ketiga dalam urusan mereka,” bunyi peraturan FIFA pasal 13.

© Grafis: Eli SUhaeli/INDOSPORT
Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol, Angel Maria Villar. Copyright: Grafis: Eli SUhaeli/INDOSPORTPresiden Federasi Sepak Bola Spanyol, Angel Maria Villar.

Kini, pemerintah Spanyol diduga memberikan intervensi dalam pemilihan Presiden RFEF. Hal itu terjadi ketika Juan Luis Larrea menggantikan peran Angel Maria Villar, yang dipaksa untuk mengundurkan diri sebagai Presiden RFEF.

Baru menjabat Presiden RFEF selama dua bulan, Villar ditangkap karena melakukan tindak pidana korupsi dan diharuskan menyerahkan jabatannya. Villar dicurigai menyelenggarakan pertandingan sepakbola internasional sebagai bagian dari skemanya untuk menggelapkan keuntungan.

Ini bukan kali pertama Spanyol diperingatkan oleh FIFA, karena keterlibatan pemerintah. Pada 2008 silam, Tim Matador juga sempat terancam untuk tidak berpartisipasi di Piala Eropa. Namun, Spanyol pun diperbolehkan tampil di Piala Eropa 2008 setelah mengajukan banding.

855