Bola Internasional

Real Madrid 1-0 Gremio: Piala Dunia Antarklub Ketiga Madrid!

Minggu, 17 Desember 2017 01:56 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Real Madrid meraih gelar juara Piala Dunia Antarklub. Copyright: © INDOSPORT
Real Madrid meraih gelar juara Piala Dunia Antarklub.

Jawara Liga Champions musim 2016/17, Real Madrid, akan meladeni perlawanan dari jawara Libertadores, Gremio. Bermain di Sheikh Zayed Sports City, Abu Dabi, Uni Emirat Arab, skuat Zinedine Zidane

© Istimewa
Final Piala Dunia Antarklub 2017 sebelum laga dimulai. Copyright: IstimewaFinal Piala Dunia Antarklub 2017 sebelum laga dimulai.

Babak Pertama

Lagi, Zinedine Zidane menurunkan Isco dalam formasi terbaiknya kali ini. Gelandang serang Timnas Spanyol itu tampaknya telah menjadi andalan Zidane dalam beberapa bulan belakangan, lantaran mampu menyangi beberapa gelandang serang Madrid lainnya.

Isco di laga kali ini akan membantu Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema di lini depan Los Blancos. Mantan pemain Malaga itu akan disokong oleh Casemiro dari belakang, yang mana ditemani oleh Luka Modric dan Toni Kroos dari lini sayap.

© INDOSPORT
Luka Modric saat melawan Gremio. Copyright: INDOSPORTLuka Modric saat melawan Gremio.

Sergio Ramos diturunkan sejak menit awal pertandingan. Kapten Les Merengues ini akan bertandem dengan Raphael Varane, sementara Marcelo dan Dani Carvajal akan menemaninya dari sisi sayap. Keylor Navas menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Madrid.

Bermain dengan penuh bintang, Madrid justru telat panas di babak pertama. Tak ada perlawanan yang berarti untuk Gremio pada babak pertama ini. Walau mendominasi akan jalannya pertandingan, Gremio sempat membahayakan gawang Madrid melalui serangan balik.

© INDOSPORT
Marcelo saat melewati hadangan pemain Gremio. Copyright: INDOSPORTMarcelo saat melewati hadangan pemain Gremio.

Salah satu kesempatan bagus Los Blancos adalah melalui tendangan bebas yang dilancarkan oleh Ronaldo di menot 40. Pemegang lima Ballon d’Or itu melalukan eksekusi tendangan bola mati, yang mana lesakkannya berada tipis di atas mistar gawang. Skor imbang tanpa gol pun berakhir di babak pertama ini.

Babak Kedua

Di babak kedua, skema permainan Madrid pun lebih terbuka. Mereka kerap melakukan serangan-serangan yang berbahaya dari setiap sisi, dengan tidak terpaku pada diri seorang Cristiano Ronaldo saja.

Hal tersebut pun membuahkan hasil. Permainan terbuka mereka justru memaksa Gremio untuk melakukan pelanggaran, yang mana berujung pada tendangan bebas di menit 53. Ronaldo yang menjadi eksekutor pun berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. 1-0 Madrid unggul.

Dari Sisi Tribun:

Ronaldo sejatinya berhasil menceploskan bola ke gawang Gremio pada menit ke-59. Namun, mantan pemain Manchester United itu telah terjebak offside terlebih dahulu, pasca menerima umpan yang disodorkan oleh Benzema. Madrid gagal menggandakan keunggulan.

Real Madrid akhirnya menemukan bentuk permainan mereka ketika memasuki menit ke-65. Modric melepaskan tembakan menyusur tanah yang mampu ditepis oleh Grohe, dan menghasilkan bola terbentur tiang gawang.

Hingga pertandingan usai, Real Madrid pun berhasil mempertahankan kedudukan sekaligus mempertahankan gelar juara Piala Dunia Antarklub yang pernah mereka raih di tahun sebelumnya.

Gelar ini membuat Los Blancos telah meraih tiga gelar Piala Dunia Antarklub, menyamai rekor Barcelona yang juga telah meraih tiga gelar. Kedua klub asal Spanyol itu kini menjadi pemegang gelar terbanyak Piala Dunia Antarklub.

Berikut starting XI kedua tim:

Real Madrid: 1-Keylor Navas; 2-Daniel Carvajal, 5-Raphael Varane, 4-Sergio Ramos, 12-Marcelo; 10-Luka Modric, 14-Casemiro, 8-Toni Kroos; 22-Isco, 9-Karim Benzema, 7-Cristiano Ronaldo

Gremio: 1-Marcelo Grohe; 2-Edilson, 4-Walter Kannemann, 3-Geromel, 12-Bruno Cortez; 5-Michel, 25-Jailson; 17-Ramiro, 7-Luan, 21-Fernandinho; 18-Lucas Barrios

1.5K