Liga Indonesia

Salut! Ratusan Bobotoh Ikuti Aksi Bela Palestina

Senin, 18 Desember 2017 22:47 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Wildan Hamdani/INDOSPORT
Bendera Palestina berada di tribun Ultras Persikabo. Copyright: © Wildan Hamdani/INDOSPORT
Bendera Palestina berada di tribun Ultras Persikabo.

Ribuan umat muslim di Jakarta baru saja melakukan aksi solidaritas untuk Palestina. Pernyataan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump baru-baru ini yang mengumumkan Yerusalem adalah ibukota dari Israel.

Padahal Yerusalem sendiri adalah bagian dari wilayah Palestina. Hal inilah yang membuat umat muslim di Indonesia, bahkan diseluruh dunia geram dengan pernyataan presiden kontroversial tersebut.

Tak hanya di Jakarta, di Bandung, para Bobotoh juga ikut menyuarakan solideritasnya terhadap Palestina. Bahkan, sang pentolan Bobotoh, Yana Umar, juga mengikuti aksi long march Jumat (15/12/17).

© vikingpersib.com
Ribuan umat muslim di Jakarta baru saja melakukan aksi solidaritas untuk Palestina. Pernyataan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump baru-baru ini yang mengumumkan Yerusalem adalah ibukota dari Israel. Padahal Yerusalem sendiri adalah bagian dari wilayah Copyright: vikingpersib.comRatusan Bobotoh ikut long march aksi bela Palestina, di Bandung

Selain Yana, sejumlah Bobotoh juga ikut hadir, salah satunya dari komunitas Bobotoh Taqwa. Dalam aksi ini, Yana Umar sempat naik ke atas mimbar orasi untuk membakar para peserta long march yang berhenti sejenak di depan mal Bandung Indah Plaza (BIP), Jalan Merdeka, setelah menempuh perjalanan dari Gedung Sate.

Dalam orasinya, Yana  menuturkan agar peserta long march tetap semangat. Menurutnya, salah satu kekuasaan Tuhan yang diberikan adalah cuaca yang cerah nan teduh tanpa hujan.

"Kita shalawat dulu jangan sampai melenceng keluar jalur, dan ini tertuju langsung ke Palestine,‎" pekik Yana kepada para peserta aksi, dilansir dari vikingpersib.co.id.

‎Yana kembali menegaskan bahwa dalam aksi ini ratusan bobotoh juga ikut terlibat. Hal ini sebagai bukti nyata bahwa anggota VPC ataupun suporter Persib secara umum tidak melulu dipandang negatif.

"Jangan lihat kebubrukan bobotoh, tapi kecintan terhadap Palestina sudah terbukti, bendera Palestina selalu ada di stadion, bendera rosul selalu ada di stadion," tutupnya.

18