Bola Internasional

Siapa yang Bakal Keluar Sebagai Top Skorer Eropa Tahun 2017?

Rabu, 20 Desember 2017 14:44 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© UEFA.com
Top Skorer Eropa 2017 Copyright: © UEFA.com
Top Skorer Eropa 2017

Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski dan Lionel Messi saat ini sama-sama memiliki jumlah gol terbanyak di Eropa, yaitu 53 gol. Untuk menjadi yang terbanyak di Eropa, akankah salah satu dari mereka keluar sebagai 'juara' di hari terakhir 2017?

Pada hari Minggu lalu, Lionel Messi kehilangan kesempatan untuk bisa memimpin sebagai pencetak gol terbanyak di Eropa untuk tahun 2017 setelah penaltinya meleset kala Barcelona menghajar Deportivo 4-0. 

Penyerang Argentina tersebut gagal menaklukan Ruben Martinez dalam tendangan penalti dan beberapa tembakannya juga membentur tiang gawang sehingga ia tak mampu mencetak gol dan tetap memiliki catatan 53 gol, baik untuk klub maupun negaranya sampai hari ini di tahun 2017. 

© INDOSPORT
Lionel Messi dan Luis Suarez tengah melakukan selebrasi di hadapan pemain Deportivo La Coruna. Copyright: INDOSPORTLionel Messi dan Luis Suarez tengah melakukan selebrasi di hadapan pemain Deportivo La Coruna.

Messi berbagi tempat dengan Robert Lewandowski dan Cristiano Ronaldo yang belum lama ini menyamainya melalui gol di pertandingan final Piala Dunia Antarklub antara Real Madrid vs Gremio.

Messi dan Ronaldo akan berhadapan satu sama lain di kesempatan terakhir mereka untuk menemukan siapa yang paling banyak mencetak gol, yaitu ketika Barcelona menyambangi Santiago Bernabeu dalam laga bertajuk El Clásico. Sementara itu, bintang Bayern, Robert Lewandowski dan striker PSG, Edinson Cavani (52 gol) masing-masing akan menjalani laga akhirnya di 2017 pada tengah pekan. 

Bisa dibilang, baik Messi, Ronaldo, maupun Lewandowski masing-masing melawan tim yang sulit, Mereka pun memilki peluang yang sama dalam mencetak gol. Barcelona harus bertemu klub kuat, yaitu Real Madrid. Begitu pula sebaliknya dengan Madrid yang harus bertemu Barcelona. Sementara Bayern akan menghadapi ujian berat dari Borussia Dortmund di Piala Jerman.

© realmadridvsbarcelona-live
Caption Copyright: realmadridvsbarcelona-liveEl Clásico

Namun, jika menillik rekor, sebenarnya baik Ronaldo maupun Messi berkali-kali mampu mencetak gol ke gawang musuhnya masing-masing di El Clásico, begitu juga dengan Lewandowski yang biasa mencetak gol ke gawang klub kuat Dortmund, Untuk itu, menarik kita saksikan siapa yang keluar sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang tahun 2017.

Berikut adalah 5 besar pemain dengan catatan gol di atas 50 yang berpeluang sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang 2017:

53 Robert Lewandowski (54 appearances, 0.98 goals per game)
53 Cristiano Ronaldo (59, 0.90)
53 Lionel Messi (63, 0.83)
52 Edinson Cavani (61, 0.85)
50 Harry Kane (50, 1.00)

Jumlah gol ini didapatkan dari seluruh laga resmi, baik itu liga, piala liga, kualifikasi tim nasional, atau pertandingan persahabatan. 

Kelima pemain ini sendiri dimasukan oleh UEFA.com sebagai Team of the Year 207" bersama dengan Karim Benzema, Antoine Griezmann, Paulo Dybala, Radamel Falcao, Neymar, Kylan Mbappe, dan Dries Mertens. 

902