Liga Inggris

Raih 17 Kemenangan Beruntun, Ini yang Diucapkan Guardiola

Minggu, 24 Desember 2017 13:48 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© getty images
Pep Guardiola memberikan acungan jempol untuk tim besutannya dari pinggir lapangan. Copyright: © getty images
Pep Guardiola memberikan acungan jempol untuk tim besutannya dari pinggir lapangan.

Manchester City berhasil menumbangkan Bournemouth dengan skor meyakinkan 4-0 di Etihad Stadium, Sabtu (23/12/17) kemarin. Tentunya kemenangan ini menambah rekor The Citizens yang telah menorehkan 17 kemenangan beruntun di Liga Primer Inggris musim 2017/18.

Pelatih Pep Guardiola pun mengaku terkesan dengan performa anak asuhnya yang tidak menurun menjelang pergantian tahun. Terbukti, seluruh tim enam besar Liga Inggris tak bisa menghentikan laju Manchester City pada musim ini.

Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munchen tersebut mengaku sempat ragu dengan performa anak asuhnya. Dirinya menilai bahwa jadwal yang padat di Inggris bisa mempengaruhi konsistensi para pemain.

“Anda selalu punya keraguan setelah banyak pertandingan secara beruntun dan apakah Anda secara mental siap untuk melakukannya lagi dan lagi. Itulah yang paling membuat saya terkesan, bahwa mereka siap,” ujarnya seperti dilansir dari laman resmi klub.

© INDOSPORT
Manchester City vs Bournemouth Copyright: INDOSPORTManchester City vs Bournemouth.

Guardiola sendiri mengaku kesulitan saat menghadapi Bournemouth. Dirinya menganggap 10 pemain Bournemouth berada di lini pertahanan, yang membuat Manchester City sulit untuk menembusnya.

“Ini mirip dengan laga melawan Southampton dan Huddersfield, dan juga West Ham, dalam hal bertahan, Bournemouth menggunakan pola 5-4-1, dengan penyerangnya Callum Wilson menempel Fernandinho,” lanjutnya.

“Kami hampir tak punya ruang, tidak ada celah antar lini. Kami membuat gol pertama yang bagus dan gol kedua banyak membantu. Kami mengubah sistem ke 4-4-2 lalu menemukan tempo dan ruang. Kami mencetak empat gol indah,” tutupnya.

91