Liga Indonesia

Timnas Bisa Gunakan GBK, Pemprov DKI Upayakan Persija Mendapat Perlakuan yang Sama

Selasa, 26 Desember 2017 11:29 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Abdurrahman Ranala
© Indosport/Herry Ibrahim
SUGBK. Copyright: © Indosport/Herry Ibrahim
SUGBK.

Pemugaran Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) ditargetkan akan rampung pada 31 Desember 2017. Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kemajuan konstruksi venue tersebut telah mencapai 96,61 persen.

Nantinya, GBK akan menjadi lokasi utama penyelenggaraan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Sebelum digunakan untuk ajang multievent itu, pengawasannya berada di bawah Kementerian PUPR dan INASGOC selaku panitia penyelenggara Asian Games 2018.

Di sisi lain, Persija Jakarta berencana menjadikan GBK sebagai homebase untuk Piala AFC 2018 yang akan dimulai pada Februari tahun depan. Tapi, tim berjuluk Macan Kemayoran ini masih terkendala izin dari INASGOC.

Namun, kabar terbaru yang beredar adalah GBK sudah bisa dipakai saat Tim Nasional (Timnas) Indonesia beruji coba dengan Islandia pada 14 Januari 2018. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tengah mengupayakan penghapusan standar ganda untuk Macan Kemayoran.

“Kami baru mendapat kabar dari Pak Gede (Widiade, Direktur Utama Persija), ingin menggunakan GBK untuk Piala AFC 2018. Suratnya itu harus ditunjukkan ke Menteri PUPR. Kebetulan beliau yang memiliki otoritas. Tapi, kami akan mendukung Persija karena mereka semestinya bermain di Jakarta dan menjadi kebanggaan ibu kota,” ujar Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno.

© Media & PR Inasgoc
Kondisi lapangan GBK Copyright: Media & PR InasgocKondisi lapangan GBK.

“Kesulitan selama ini bersinggungan dengan perizinan. Kali ini, kami Pemprov DKI memfasilitasi. Insya Allah tidak ada halangan seperti itu lagi,” katanya menambahkan.

Sandiaga berharap, Persija dapat menjadi contoh untuk klub-klub di Indonesia di bawah kepimimpinannya bersama Gubernur Anies Baswedan. Dengan begitu, baiknya nama Macan Kemayoran juga turut mempengaruhi representasi ibu kota.

“Persija harus dikelola dengan baik. Kami juga akan pastikan suporternya memberikan dukungan dan motivasi dengan tepat dan kotanya mendukung dengan fasilitias dan itu sinergi yang kami harapkan. Dan dunia usaha mendukung karena Persija punya nilai yang tinggi,” tutup Sandiaga.

474