Liga Inggris

Man City 4-1 Burnley: Aguero Jadi Pahlawan The Citizen

Minggu, 7 Januari 2018 00:07 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Sergio Agüero meluapkan kegembiraannya usai mencetak gol. Copyright: © Getty Images
Sergio Agüero meluapkan kegembiraannya usai mencetak gol.

Babak Pertama

Sejak menit awal, Man City langsung tancap gas menekan tim tamu. Namun, pasukan Sean Dyche terbilang mampu meladeni tekanan tuan rumah. Ashley Barnes dkk bahkan beberapa kali merepotkan lini pertahanan Man City melalui skema serangan balik.

Sementara peluang pertama City didapat melalui bola mati, saat Taylor melanggar Sterling pada menit ke-9. Silva yang mengeksekusi bola itu nyaris  menjebol gawang Burnley, beruntung, Taylor sigap mengamankan sepakan keras itu dan hanya menghasilkan tendangan pojok bagi City.

Pada Menit ke-16 The Citizens kembali mendapat hadiah tendangan bebas setelah Aguero dijatuhkan di dekat garis terlarang, sekitar satu meter dari luar kotak penalti. Ikay Gundogan yang mendapat tugas mengeksekusi bola mati itu juga tak dapat mengubah skor.

© INDOSPORT
Selebrasi Ashley Barnes usai berhasil mencetak gol ke gawang Manchester City Copyright: INDOSPORTSelebrasi Ashley Barnes usai berhasil mencetak gol ke gawang Manchester City

Bermain disiplin dan tak ingin mengikuti ritme permainan City, Burnley sukses mencuri gol melalui skema serangan balik cepat di menit ke-24. Ashley Barnes yang mendapat umpan jauh dari kiper Burnley, sukses melesatkan satu gol melalui sepakan keras kaki kanannya.

Ketinggalan sartu gol, anak asuh Guardiola berusaha meningkatkan serangan. Akan tetapi solidnya para gelandang dan bek Burnley membuat skor tidak berubah hingga turun minum. 

Babak Kedua

Peluit tanda babak kedua sudah dimulai, City yang tertinggal satu gol di hadapan publik sendiri langsung tampil menekan. namun rapatnya barisan pertahanan Burnley membuat Aguero dkk kesulitan menciptakan gol.

Barulah pada menit ke-56, Sergio Aguero sukses mempecundangi para pemain Burnley. Ia memanfaatkan kelengahan para pemain Burnley yang fokus dengan tendangan bebas pemain City. 

Dibuat kaget oleh gol itu, Burnley seperti kehilangan konsentrasi. Alhasil, dua menit berselang, striker asal Argentina ini kembali menambah golnya pada menit ke-58.

Tertinggal 2-1, The Clarets tak tinggal diam, mereka mencoba mengambil alih permainan. Alhasil di menit ke-57, tim tamu nyaris menyamakan kedudukan. Sayangnya, Sam Vokes terlebih dulu terperangkap off side.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Man City justru berhasil menambah mengubah skor menjadi 3-1. Gol ketigaThe Citizens lahir daro kaki pemain mudanya, Leroy Sane pada menit ke-71. Sebelumnya, Sane juga nyaris menambah gol pada menit ke-62, sayang sontekannya masih melambung di atas mistar gawang Burnley.

Berada di atas angin, Man City lantas menarik Aguero  dan memasukkahn Bernardo Silva. Tak hanya itu, Pep Guardiola juga menarik Ikay Gundogan dan memasukkan Kevin De Bruyne, yang sejak awal babak kedua sudah melaukan pemanasan di pinggir lapangan.

© INDOSPORT
Sergio Agüero menendang sepakan pinalty. Copyright: INDOSPORTSergio Agüero menendang sepakan pinalty.

Hingga menit ke-80, Burnley semakin tertekan atas gempuran City. Nahas bagi The Clarats, pemain pengganti Aguero, Bernardo Silva berhasil menambah keunggulan City menjadi 4-1. 

Sementara kubuh tim tamu seperti sudah menyerah, meski beberapa kali berhasil menembus pertahanan The Citizens namun hingga peluit tanda berakhirnya laga ditiup skor 4-1 untuk tuan rumah tidak berubah.

Berikut susunan pemain kedua tim. 

Man City 4-3-3

Bravo; Danilo, Stones, Otemandi, Zinchenko; Gundogan, Fernandinho, Silva; Sane, Aguero, Sterling. 

Burnley 4-4-1-1

Pope; Lowton, Long, Mee, Taylor; Gudmundsson, Cork, Westwood, Barnes; Hendrick; Vokes. 

65