Liga Indonesia

PSIS 0-1 Arema FC: Debut Pemain Berdarah Indonesia Tercoreng

Minggu, 7 Januari 2018 17:09 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Dedik Setiawan berusaha mengatasi penjagaan pemain PSIS di pertandingan uji coba sebelumnya. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Dedik Setiawan berusaha mengatasi penjagaan pemain PSIS di pertandingan uji coba sebelumnya.

Babak Pertama

Sejak peluit panjang dibunyikan, PSIS Semarang yang bertindak sebagai tuan rumah langsung memberikan tekanan ke lini pertahanan Arema FC. Mereka berambisi untuk bisa mengejar gol terlebih dahulu.

Akan tetapi sedang asyik menyerang, PSIS justru dikagetkan dengan serangan balik Singo Edan. Akan tetapi serangan tersebut masih bisa digagalkan oleh kiper Laskar Mahesa Jenar.

Namun gawang PSIS harus kebobolan terlebih dahulu. Tepatnya di menit ke-24, pemain Arema FC Hendro Siswanto dengan mudah menceploskan bola kegawang tim taun rumah yang dikawal oleh M. Ridwan. Skor berubah 0-1 untuk Arema FC.

Tertinggal 0-1 membuat anak asuh Subangkit langsung melancarkan serangan-serangan cepat melalui sisi sayap mereka. Akan tetapi serangan yang mereka bangun gagal menembus rapatnya barisan pertahanan Singo Edan.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Hendro Siswanto, gelandang Arema Cronus. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTHendro Siswanto, gelandang Arema FC.

Kedua kubu tetap melancarkan serangan yang mematikan ke daerah pertahanan lawannya masing-masing. Akan tetapi hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor tetap 0-1 untuk Arema FC.

Babak Kedua

Usai jeda babak pertama, PSIS Semarang tetap ambil inisiatif untuk langsung menyerang pertahanan Arema FC. Hal itu demi mengejar ketertinggalan dari tim tamu.

Akan tetapi pada menit ke-58, pemain PSIS Pavel Purishkin dilanggar oleh pemain Arema di depan kotak penalti. Dirinya yang maju sebagai eksekutor tendangan bebas, ternyata gagal menjalankan tugasnya.

PSIS yang terus menggempur dari lini sayap, selalu gagal menembus rapatnya pertahanan Arema FC. Bahkan serangan Laskar Mahesa Jenar seperti telah terbaca oleh  Singo Edan.

Sebaliknya, Arema FC tetap mengandalkan serangan dengan satu dua sentuhan. Akan tetapi peluang mereka untuk bisa menambah keunggulan selalu gagal menemui sasaran.

© Instagram
Nainggolan Sibatuara tengah membawa bola. Copyright: InstagramNainggolan Sibatuara tengah membawa bola.

Hingga wasit meniup peluit panjang jalannya pertandingan, skor 0-1 untuk Arema FC tidak berubah. Sehingga anah asuh Joko Susilo berhasil menang dua kali dari PSIS Semarang.

Susunan Pemain
PSIS Semarang (4-2-3-1)

M. Ridwan; Akbariansah, Petar Planic, M. Rio Saputro, Frendi Saputra; Samuel Nainggolan, Kim Dong Hyeon; Hadipin, Bayu Nugroho, Melcior; Leandro De Luz.
Pelatih: Subangkit.

Arema FC (3-5-2)

Joko Ribowo; Junda, Zaenuri, Purwaka; Agil, Hendro, Atayev, Hanif, Indra; Dendi, Tawainella.
Pelatih: Joko Susilo.

300