Liga Indonesia

Soal Elite Pro Academy U-16 di Liga 1, Begini Tanggapan Indra Sjafri

Senin, 8 Januari 2018 14:10 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Lanjar Wiratri
© Wildan Hamdani/INDOSPORT
Indra Sjafri dalam preskon pengumuman pencopotan dari pelatih Timnas U-19. Copyright: © Wildan Hamdani/INDOSPORT
Indra Sjafri dalam preskon pengumuman pencopotan dari pelatih Timnas U-19.

PSSI berencana untuk mengadakan adanya elite pro academy untuk meningkatkan kualitas sepakbola Tanah Air. Nantinya akademi tersebut bertujuan untuk mengembangkan talenta- talenta muda dalam dunia sepakbola Indonesia secara berjenjang.

Rencana tersebut rupanya turut mendapat tanggapan positif dari mantan pelatih timnas U-19, Indra Sjafri yang juga punya perhatian pada perkembangan bibit-bibit muda pesepakbola Indonesia. Ia menilai rencana PSSI tersebut cukup bagus jika benar akan diterapkan.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Indra Sjafri dan Timnas U-19 saat melakoni latihan. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTIndra Sjafri dan Timnas U-19 saat melakoni latihan.

"Saya sudah tahu akan dibentuk Liga 1 U-16. Menurut saya rencana itu bagus," ungkap Indra ketika dihubungi oleh INDOSPORT, soal rencana akademi berjenjang di klub-klub Liga 1 tersebut. 

Namun untuk rencana soal adanya keterlibatan Indra dalam proyek PSSI tersebut, dirinya mengaku belum tahu kejelasan benarnya. Ia menyerahkan persoalan tersebut pada pihak PSSI sendiri tentang kemungkinan dirinya ikut terjun dalam rumusan rencana tersebut. 

© INDOSPORT
Timnas Indonesia U-16 Copyright: INDOSPORTTimnas Indonesia U-16

"Saya belum bisa memberikan tanggapan apa-apa, karena kan itu programnya PSSI, untuk itu bisa hubungi PSSI langsung," jelas Indra soal kemungkinan PSSI menurunkan dirinya untuk terjun ke program tersebut.

Rencana dibentuknya Liga 1 U-16 dinilai oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, sebagai langkah untuk jangka waktu panjang dalam mempersiapkan dan mengembangkan bibit pesepakbola muda Indonesia untuk ke depannya mengemban prestasi sepakbola tanah air di tingkat internasional.

"Anak-anak ini akan dikirimkan ke klub-klub Liga 1. Nantinya di sana PSSI yang akan mencoba mendorong dibentuknya akademi elite yang ada di klub-klub Liga 1. Ini akan menjadi dorongan untuk membentuk elite pro academy," ungkap Joko saat dihubungi INDOSPORT.

31