Liga Indonesia

Borneo FC Terapkan Teknologi Canggih untuk Lihat Perkembangan Pemain

Selasa, 9 Januari 2018 15:55 WIB
Kontributor: Prima | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan.

Para pemain Borneo FC menggunakan teknologi canggih selama menjalani training center di Yogyakarta. Dalam latihan yang dimulai kemarin, Senin (08/01/18), pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan, menggunakan alat yang disebut Polar Team Pro.

Dia menambahkan, dengan bantuan alat tersebut dirinya dapat dengan mudah mengetahui siapa pemain yang berlatih sungguh - sungguh. Selama di Yogyakarta perkembangan fisik akan menjadi fokus utama Iwan Setiawan. 

"Dengan begini, semua terekam secara detail. Saya bisa mengetahui siapa pemain yang berlatih setengah - setengah. Saya tinggal membawa tablet saja untuk mencermati latihan mereka," ungkap Iwan.

"Setahu saya baru Borneo FC yang menggunakan teknologi canggih dalam latihan. Setiap pemain dipasangi chip, dan saya cukup melihat tablet untuk mengontrol kinerja 25 pemain," lanjutnya.

© FNF Coaches
Polar Team Pro Copyright: FNF CoachesPolar Team Pro

Polar Team Pro adalah alat yang dapat memantau denyut jantug seseorang. Alat itu juga bisa memantau dan merekam pemain yang sungguh - sungguh dalam menjalani porsi latihan. Setiap personel dipasangi GPS di bagian dada untuk mencermati kinerja dalam pemain melahap sebuah program latihan. Data dan analisis setiap kinerja pemain terekam secara detail dan akurat yang dapat dilihat di sebuah tablet.

5