Bola Internasional

Indra Sjafri Resmi Ditunjuk Jadi Pelatih Tim AIA Indonesia

Selasa, 9 Januari 2018 19:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Bambang Pamungkas dan Indra Sjafri pada acara AIA Championship. Copyright: © Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Bambang Pamungkas dan Indra Sjafri pada acara AIA Championship.

Kejuaraan sepakbola, AIA Championship akan kembali berlangsung tahun ini dimana mantan pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri ditunjuk untuk memimpin tim Indonesia bersama pemain veteran, Bambang Pamungkas. Keduanya diserahi tugas untuk mencari talenta terbaik untuk menghadapi kompetisi tingkat regional yang diadakan di Hongkong pada bulan Maret mendatang.

Indra Sjafri dan Bambang Pamungkas akan mulai bekerja, memilih pemain bertalenta dari kompetisi nasional yang diselenggarakan pada 20 Januari 2018 di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, dilanjutkan dengan training camp pada 10 dan 11 Februari.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Bambang Pamungkas dan Indra Sjafri pada acara AIA Championship. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTBambang Pamungkas dan Indra Sjafri pada acara AIA Championship.

Tim ini yang nantinya mewakili Indonesia pada kejuaraan di Hongkong bulan Maret dan jika lolos maka akan bermain di babak final di markas Tottenham Hotspur, Inggris.

"Tim AIA Indonesia berhasil menjadi runner up selama dua tahun berturut-turut dalam AIA Championship, jadi tahun ini kami bertekad merebut gelar juara. Untuk itu Bambang Pamungkas dan Indra Sjafri ditunjuk untuk menempa para pemain Indonesia," tutur Lim Chet Ming selaku pihak AIA Financial yang menyelenggarakan kompetisi.

Bambang Pamungkas sejatinya akan menjadi manajer bagi tim AIA Indonesia, sedangkan Indra Sjafri didapuk menjadi pelatih kepala. Keduanya berkomitmen untuk mewujutkan impian juara yang dua tahun belakangan sempat tertunda. 

© Wildan Hamdani/INDOSPORT
Bambang Pamungkas sedang berdiskusi dengan coach Indra Sjafri. Copyright: Wildan Hamdani/INDOSPORTBambang Pamungkas (kiri) dan coach Indra Sjafri di sebuah acara.

"Sebagai pelatih kepala, saya akan memilih pemain dengan skill dan teknik yang baik, kecerdasan dan visi bermain serta kemampuan bekerja sama demgan tim. Jujur ini hal baru, karena biasanya kan 11 lawan 11, tapi nanti hanya lima orang di tiap tim. Jadi bersama Bepe saya akan merancang program latihan yang dapat memberikan bekal terbaik bagi tim yang akan bertanding di Hongkong," ujar Indra Sjafri.

Sebagai informasi, tim yang akan dilatih Indra Sjafri terdiri dari dua, yakni dari kategori AIA League dan AIA Partner League. Para pemain yang dipimpin juga bukan berasal dari atlet profesional, melainkan dari karyawan dan tenaga pemasar AIA (untuk AIA League) serta nasabah dan mitra bisnis AIA yang ada di AIA Partner League.

360