Liga Inggris

Bintang Man United Lawan Rasisme Merek Fesyen

Rabu, 10 Januari 2018 16:49 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Agus Dwi Witono
© INDOSPORT
Romelu Lukaku saat setelah mecetak gol ke gawang A.F.C. Bournemouth Copyright: © INDOSPORT
Romelu Lukaku saat setelah mecetak gol ke gawang A.F.C. Bournemouth

Rasisme seolah menjadi virus yang sulit ditumpas. Meski sudah banyak diperangi, namun kasus rasisme masih kerap terjadi. Dan orang-orang dengan warna kulit berbeda lah yang sering kali menjadi korban.

Kasus rasisme sendiri sering berawal dari kesengajaan orang tak bertanggung jawab. Namun kadang kasus rasisme juga terjadi secara tidak sengaja. Seperti yang menimpa produk fesyen ternama dunia, H&M.

Beberapa waktu terakhir merek fesyen kenamaan itu diprotes oleh banyak pegiat kemanusiaan, termasuk bintang Manchester United, Romelu Lukaku. H&M kedapatan memasang iklan produknya di situs resmi mereka yang bernada rasisme.

Melalui akun Instagram miliknya, @rlukaku9, striker Timnas Belgia itu mengirimkan gambar yang memperlihatkan seorang model anak tengah mengenakan baju dengan tulisan "Hitam itu Indah". Tak lupa dia menambahkan keterangan foto yang berbunyi "Kamu adalah seorang pangeran yang akan menjadi raja. Jangan biarkan orang lain berkata beda kepadamu."

 

You’re prince soon to be a king 🤴🏿 Don’t let anybody tell you different ... #blackexcellence

A post shared by Romelu Lukaku (@rlukaku9) on

Sebelumnya, merek fesyen tersebut menampilkan foto dengan model serupa untuk mempromosikan produk baju hangat anak-anak. Namun baju tersebut bertuliskan "Monyet paling keren di hutan" yang membuat beberapa pihak merasa dilecehkan.

Atas kejadian tersebut pihak terkait telah meminta maaf kepada publik karena ketidaksengajaan mereka pada promosi baju tersebut. Tak hanya menghapus iklannya, pihak H&M juga telah menarik seluruh produk kontroversial tersebut dari pasaran.

747