Liga Indonesia

Salut! Bobotoh Biayai Kedatangan Persib di Batam

Rabu, 10 Januari 2018 21:16 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Persib Bandung melakoni latihan dan uji coba di Batam pada 9-13 Januari 2018 ini. Namun, ada cerita menarik di balik kehadiran tim kebanggan rakyat Jawa Barat tersebut. Kedatangan Persib ke Batam ternyata merupakan undangan dari Viking Batam.

Laiknya mengundang sebuah tim kelas Eropa, Viking Batam pun menyediakan beragam fasilitas berkelas bagi rombongan Maung Bandung. Hebatnya lagi, semua kebutuhan Persib dari mulai tiket, penginapan, makan, hingga latihan ditanggung semua oleh pihak pengundang. Dalam hal ini adalah Viking Batam.

© IGPersib
Ratusan Viking Batam menyambut kedatangan Persib Bandung. Copyright: IGPersibRatusan Viking Batam menyambut kedatangan Persib Bandung.

"Awalnya kami hanya akan mengundang beberapa pemain saja, namun tercetus ide gila untuk mengundang secara langsung lewat mekanisme resmi kepada PT.PBB. Maka dari situ lah kami bentuk panitia bergerilya mencari sponsor untuk membantu niat besar kita ini," ungkap Nopianto selaku ketua panitia dan anggota Viking Batam saat dihubungi INDOSPORT, Rabu (09/01/18).

Nopianto menambahkan,"Alhamdulillah setelah bekerja keras selama dua bulan, kami akhirnya bisa bekerja sama dengan BP Batam (badan pengusahaan batam) yang mana BP Batam ini selalu support hal-hal positif di Batam, dan memang punya hubungan baik dengan Viking Batam."

Setelah mendapatkan sponsor, mulailah Viking Batam membentuk sebuah panitia khusus. Mereka bekerja dari mulai mengirim surat undangan resmi ke manajemen PT PBB. Koordinasi dengan BP Batam pun terus digalang terutama dalam menyiapkan sarana transportasi, akomodasi, stadion, hotel, dan hal lainnya.

"Fasilitas yang kami berikan berupa tiket pesawat, stadion, bis, hotel bintang 4, konsumsi tentunya, semua kami, Viking Batam dan BP Batam akomodir," sambung Nopianto.

Satu hal yang membuat panitia lebih bersemangat adalah respons positif dari manajemen. Menurut Nopianto, manajemen Persib salut dengan keberanian Viking Batam yang mengajukan pertandingan uji coba dan latihan di Batam dengan menanggung semua fasilitas dan biaya.

Boleh jadi, ini adalah kali pertama ada kelompok suporter di daerah yang berani mengundang tim kebanggaan mereka. Tak hanya itu, mereka pun berani menanggung semua biaya dan kebutuhan termasuk fasilitas yang diminta manajemen Persib.

© istimewa
Rombongan Persib tiba di Batam Copyright: istimewaRombongan Persib tiba di Batam

Tentu saja biaya yang dibutuhkan untuk mendatangkan rombongan Persib yang nyaris datang dengan seluruh kekuatannya tak bisa dibilang sedikit.Nopianto menuturkan, biaya yang dikeluarkan untuk bisa melihat dan bertemu langsung para pemain Persib ini mencapai angka ratusan juta rupiah!

Biaya itu separuhnya ditanggung pihak sponsor, BP Batam. Sisanya harus ditanggung sendiri oleh seluruh anggota Viking Batam.

"Iya kami udunan untuk itu semua, udunan seperti apa? Dengan cara membeli tiket sebesar 55 ribu," ucap Nopianto

Kerja keras para Bobotoh ini akhirnya terbayar dengan bisa melihat dan bertemu langsung bintang-bintang Pangeran Biru. Setidaknya rasa dahaga mereka yang tidak mudah untuk bisa menyaksikan aksi-aksi para pemain Persib langsung di lapangan sudah terpenuhi.

Impian Bobotoh di Batam pun sudah terwujud.

480