Liga Spanyol

Real Madrid 2-2 Numancia: Meski Imbang, El Real Tetap ke Perempatfinal

Kamis, 11 Januari 2018 05:28 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Selebrasi Lucas Vazquez ke gawang Numancia. Copyright: © Getty Images
Selebrasi Lucas Vazquez ke gawang Numancia.

Babak Pertama

Real Madrid yang tampil di hadapan pendukung sendiri tak terbebani karena sudah unggul agregat 3-0. Berbeda dengan Numancia yang harus mencetak empat gol tanpa balas ke gawang Real Madrid jika ingin lolos ke babak perempatfinal. Oleh sebab itu Numancia langsung berinisiatif menyerang sejak awal laga. 

Saat pertandingan baru berjalan empat menit, Dani Nieto melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Namun tendangannya masih bisa di blok Casilla. Lima menit berselang giliran Real Madrid yang membuat peluang melalui kaki Marco Asensio. Memanfaatkan umpan Dani Ceballos, Asensio melepaskan tendangan yang masih melebar di sisi gawang Numancia. 

Gol yang ditunggu publik Santiago Bernabeu hadir satu menit kemudian. Adalah Lucas Vazquez yang menjadi pencetak gol bagi Real Madrid. Umpan crossing dari Daniel Carvajal mampu disambut Vazquez dengan sundulan yang merobek jala Numancia. Real Madrid sementara unggul 1-0 di babak pertama, dan unggul 4-0 secara agregat. 

© INDOSPORT
Selebrasi Lucas Vazquez ke gawang Numancia. Copyright: INDOSPORTSelebrasi Lucas Vazquez ke gawang Numancia.

Kebobolan satu gol membuat Numancia kembali mencoba menyerang Real Madrid. Menit ke-16, Higinio Marin dengan tendangan kaki kanannya mengancam gawang Madrid. Tapi tendangannya masih bisa digagalkan. Selanjutnya menit ke-32 giliran Unai Elgezabal mengancam, tapi sundulannya hanya melebar dari gawang. Di menit ke-41, Marin harus ditarik keluar lapangan lebih cepat karena cedera dan digantikan Guillermo. 

Pergantian yang tak sesuai rencana itu justru membuahkan hasil bagi Numancia. Guillermo yang baru masuk ke lapangan selama empat menit mencetak gol penyama kedudukan bagi Numancia. Lewat serangan balik cepat, Marc Mateu memberi umpan kepada Guillermo yang meneruskan bola ke dalam gawang Real Madrid. Skor imbang 1-1 menjadi penutup babak pertama.

Babak Kedua

Sukses menahan imbang Madrid 1-1 di babak pertama membuat Numanci lebih bersemangat di babak kedua. Empat menit babak kedua berjalan, Pablo Larrea langsung mengancam gawang Real Madrid namun sepakannya masih terlalu tinggi. 

Sepuluh menit berselang justru Real Madrid mampu unggul 2-1. Lagi-lagi Lucas Vazquez mencatatkan namanya di papan skor berkat gol keduanya. Tendangannya dari jarak dekat meluncur ke gawang Numancia. Borja Mayoral menjadi penyedia assist bagi gol kedua Vazquez. 

Tertinggal 2-1 Numancia masih tak patah arang dan membuat beberapa peluang sepanjang menit 70an babak kedua. Dan akhirnya serangan sporadis Numancia membuahkan hasil di menit ke-82. Guillermo menambah catatan golnya di laga ini menjadi dua gol berkat sundulannya. Skor imbang 2-2 menjadi akhir pertandingan ini. 

Meskipun dengan hasil imbang 2-2 ini, Real Madrid tetap melaju ke perempatfinal Copa del Rey karena unggul agregat gol 5-2. 


Berikut ini susunan pemain kedua tim.

Real Madrid 4-3-3

Casilla; Carvajal, Vallejo, Nacho, Theo; Ceballos, Llorente, Kovacic; Vazquez, Mayoral, Asensio. 

Numancia 5-4-1

Munir; Mateu, Garcia, Calvo, Elgezabal, Medina; Nacho, Larrea, Sierra, Nieto; Marin.  

11