Liga Indonesia

3 Klub yang Berpotensi Memberikan Kejutan Besar di Liga 1 Musim Depan

  • Liga 1 musim 2017 diwarnai berbagai kejutan-kejutan. Di antaranya keluarnya tim kejutan Bhayangkara FC sebagai juara dan terpuruknya Persib Bandung.
  • Bagaimana dengan musim ini? Berikut INDOSPORT coba rangkum tiga klub yang berpotensi memberikan kejutan besar di Liga 1 musim depan:
Jumat, 12 Januari 2018 21:13 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Liga 1. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Liga 1.

Tentunya tidak banyak yang menyangka jika Bhayangkara FC mampu keluar sebagai kampiun Liga 1 2017. Di saat klub-klub besar Indonesia seperti Persib bersolek dengan mendatangkan Essien dan Cole serta Arema dengan barisan bintang-bintang timnasnya plus PSM yang ditangani pelatih sekelas Robert Rene Alberts, namun justru tim Bhayangkara FC yang keluar sebagai jawara. 

Belum lagi keberadaan Bali United. Tim yang pada awalnya terseok-seok ternyata mampu berada di peringkat kedua alias runner-up. Bahkan bisa saja mereka menjadi "juara" jika tidak ada insiden Mitra Kukar yang menurunkan Sissoko. 

Ternyata komposisi pemain yang klop dan pelatih brilian menjadi kunci keberhasilan Bhayangkara. Dengan keberadaan pemain-pemain seperti Evan Dimas, Paulo Sergio, Ilhamudin Armaiyn, dan Putu Gede, Bhayangkara mampu dibuat tampil secara konsisten dan klop oleh pelatih Simon McMenemy. 

Di sisi lain, entah ketidakberuntungan atau kebuntuan strategi, tim seperti Persib dan Sriwijaya tak mampu menembus 10 besar klasemen padahal mereka memiliki skuat cukup mumpuni. Justru Persija yang tak terlalu digembor-gembor pada awal musim duduk di peringkat empat. 

Musim ini pun tim-tim seperti Persib, Sriwijaya, Persija, lalu ada Bali United kembali akan diunggulkan untuk juara. Namun, berkaca pada kejutan-kejutan yang terjadi musim lalu, bukan tidak mungkin hal yang sama bisa terulang di Liga 1 musim 2018. Ada 20 tim yang berkompetisi. Tiga di antaranya adalah tim baru. Bisa jadi muncul tim "super" baru yang mampu merangsek ke papan atas. 

Berikut INDOSPORT coba rangkum tiga klub yang berpotensi memberikan kejutan besar di Liga 1 musim depan: