Liga Indonesia

Berada di 'Grup Maut' Piala Presiden, Begini Tanggapan Tim Pelatih Persib

  • Persib berada satu grup dengan klub-klub bermaterikan pemain bagus seperti Sriwijaya dan PSM di Grup A Piala Presiden.
  • Namun, pelatih Mario Gomez lebih memilih untuk fokus mempersiapkan anak asuhnya ketimbang melihat tim lain.
Sabtu, 13 Januari 2018 20:30 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Persib Bandung
Mario Gomes dan Heri Setiawan tiba di Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Riau. Copyright: © Persib Bandung
Mario Gomes dan Heri Setiawan tiba di Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Riau.

Asisten pelatih Persib Bandung, Fernando Soler, enggan memikirkan kekuatan tim lawan pada turnamen pramusim Piala Presiden 2018 karena menurutnya pelatih Mario Gomez lebih memilih untuk fokus mempersiapkan anak asuhnya. 

Persib sendiri pada turnamen yang akan berlangsung pada 16 Januari hingga 17 Februari tersebut berada di Grup A bersama Sriwijaya FC, PSM Makassar dan tim promosi yakni PSMS Medan. 

Ketiga tim tersebut diprediksi akan menjadi lawan berat bagi Persib, karena dihuni pemain berkualitas dan ada beberapa yang sempat bermain untuk Maung Bandung sehingga layak disebut sebagai grup maut. 

Selain itu, PSMS juga dilatih oleh Djadjang Nurdjaman, yang membawa Persib meraih gelar juara ISL 2014 dan Piala Presiden 2015.

"Biasa saya tidak lihat mereka, kita lihat tim kita gak mau lihat tim luar, (lihat) kemampuan kita bagaimana bisa main," kata Soler di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Sabtu (13/01/2018).

Soler menambahkan, turnamen Piala Presiden akan dijadikan ajang untuk melihat kesiapan pemain tim Maung Bandung sebelum tampil pada Kompetisi Liga 1 2018.

Mario Gomez dan Fernando Soler saat jalani latihan persana bersama Persib Bandung. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTMario Gomez dan Fernando Soler 

Meski begitu, jika Persib mampu meraih gelar juara pada turnamen pramusim ini, hal itu akan menjadi modal positif untuk menambah kepercayaan diri pemain sebelum tampil di kompetisi.

"Piala Presiden ini sama seperti tadi ada evaluasi untuk kompetisi, ini untuk evaluasi pemain siapa masih kurang  (dan) siapa yang bisa main di kompetisi, kalau bisa ambil piala bagus," tegas Soler.