Liga Inggris

Lelah dengan Gosip, Guardiola Semprot Jurnalis Sepakbola Inggris

Sabtu, 13 Januari 2018 15:41 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Kevork Djansezian/Getty Images
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Copyright: © Kevork Djansezian/Getty Images
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

Pelatih Manchester City, Josep ‘Pep’ Guardiola, baru-baru ini mengkritik jurnalis yang ada di Inggris. Menurutnya, jurnalis di Negeri Ratu Elizabeth tersebut lebih sering memberitakan gosip transfer dan kejadian di luar lapangan.

Guardiola menambahkan, seharusnya jurnalis lebih kritis membahas klub dari segi teknis permainannya. Sebab, ia melanjutkan, hal itu lebih menarik dibandingkan dengan membahas sebuah gosip atau rumor.

© Internet
Pep Guardiola Copyright: InternetPep Guardiola dengan sejumlah jurnalis.

Mantan pelatih Barcelona tersebut pun turut membandingkan jurnalis Inggris dengan Spanyol. Dirinya menejelaskan bahwa jurnalis Spanyol lebih fokus mempertanyakan apa yang terjadi di lapangan, termasuk formasi apa yang digunakan.

Komentar itu pun ia layangkan kepada para jurnalis Inggris di tengah kabar transfer Alexis Sanchez ke Manchester City. Namun, Guardiola pun memilih untuk fokus pada laga kontra Liverpool dibandingkan dengan menjawab spekulasi yang ada pada bursa transfer musim dingin ini.

“Spanyol membuat langkah maju yang besar dengan timnas dan klub 10 tahun yang lalu, saat wartawan membahas apa yang terjadi sebelum dan sesudah pertandingan di lapangan,” ujarnya seperti dikutip Soccerway.

© INDOSPORT
Pep Guardiola dan Alexis Sanchez. Copyright: INDOSPORTPep Guardiola dan Alexis Sanchez.

“Orang-orang di sana berbicara lebih banyak dari biasanya tentang apa yang ada di lapangan. Tentu saja, saya menjawab semua pertanyaan Anda, terkadang saya tidak tahu jawabannya dan terkadang saya tidak menjawab untuk pemain saya,” lanjutnya.

© Internet
Pep Guardiola Copyright: InternetPep Guardiola dengan sejumlah jurnalis.

Kendati demikian, Guardiola meluruskan komentarnya tersebut. Pelatih asal Spanyol itu menjelaskan bahwa dirinya sama sekali tidak menyebut jurnalis di Inggris lebih buruk dibandingkan dengan Spanyol.

“Saya tidak mengatakan bahwa jurnalis Inggris tidak dewasa. Saya baru saja menjelaskan bagaimana hal itu terjadi dalam 10 tahun terakhir di Spanyol. Mengapa? Misalnya, apakah Arsene Wenger sering menggunakan empat bek dibelakang seluruh kariernya, dan sekarang dia memainkan lima bek? Di Barcelona, ​​di Spanyol akan ada perdebatan besar tentang itu,” tutupnya.

16