Liga Indonesia

PSSI Sahkan 54 Klub Baru di Kongres Tahunan

  • PSSI mengakui keberadaan 54 klub baru dan tujuh lainnya untuk berpartisipasi di sepakbola Indonesia.
  • Nantinya 54 klub baru dan tujuh lainnya itu bermain di Liga 3.
Sabtu, 13 Januari 2018 21:49 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Agus Dwi Witono
© Indosport/Petrus Manus Da' Yerimon
PSSI pastikan ada 3 strata dalam kompetisi musim 2018. Copyright: © Indosport/Petrus Manus Da' Yerimon
PSSI pastikan ada 3 strata dalam kompetisi musim 2018.

Federasi Sepakbola Indonesia, PSSI dalam Kongres Tahunan, Sabtu (13/01/18) di ICE BSD, Tangerang menyetujui atau mengesahkan 54 klub baru yang akan mengikuti kompetisi di Liga 3 musim 2018 di tiap Asosiasi Provinsi (Asprov). Keputusan itu diambil berdasarkan persetujuan semua peserta kongres yang diakhiri dengan ketokan palu dari Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

54 klub baru yang diresmikan itu berasal dari 12 provinsi yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Maluku, dan Papua. 

Dari sejumlah daerah di atas, Sumatera Utara menyumbang peserta paling banyak hingga mencapai 8 klub. Sementara provinsi paling sedikit adalah Kalimantan Timur yang mengirimkan satu wakil. Tak hanya itu, PSSI juga memberi kelonggaran atau ikut mengesahkan 7 klub dari Asprov Nusa Tenggara Timur (NTT), setelah perwakilannya menjelaskan keluh kesahnya. 

Akan tetapi, khusus 7 klub dari NTT itu, PSSI mengesahkan dengan sejumlah catatan harus melengkapi semua data administrasi dalam kurun sebulan ke depan.

Edy Rahmayadi saat membuka Kongres PSSI Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTEdy Rahmayadi saat membuka Kongres PSSI

"Keinginan tujuh klub itu, termasuk nama-nama itu telah disetujui tapi masih harus disepakati apa yang kurang harus ditambahi. Kita akan buatkan SK untuk itu," tutur Ketum PSSI, Edy Rahmayadi. 


"Khusus yang tujuh ini belum kita masukkan ke daftar karena memang masih ada kekurangan, baru sekitar 60 persen. Artinya kelengkapan datanya belum, tapi dengan ini harus segera diatasi secepatnya," jelas Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

Berikut daftar 54 klub + 7 klub khusus yang disahkan PSSI: 

Daftar klub baru PSSI Copyright: Indosport/Petrus Manus Da YerimonDaftar klub baru PSSI
Daftar klub baru PSSI Copyright: Indosport/Petrus Manus Da YerimonDaftar klub baru PSSI