Liga Indonesia

Timnas Indonesia vs Islandia, Ini yang Harus Dicermati untuk Masuk ke GBK

Sabtu, 13 Januari 2018 18:29 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Situasi dalam stadion Gelora Bung Karno yang akan digunakan laga persahabatan antara Timnas Indonesia vs Islandia pada Minggu (14/01/18) mendatang. Herry Ibrahim Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Situasi dalam stadion Gelora Bung Karno yang akan digunakan laga persahabatan antara Timnas Indonesia vs Islandia pada Minggu (14/01/18) mendatang. Herry Ibrahim

Setelah lebih dari satu tahun menjalani proses renovasi, Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) akan menjalani event pertamanya. Minggu (14/01/18), GBK akan menjalani inagurasi dengan menggelar laga persahabatan antara Timnas Indonesia kontra Islandia.

Meski stadion sudah selesai direnovasi, namun sektor-sektor di sekitaran GBK belum sepenuhnya selesai. Sehingga area parkir pun menjadi terbatas. Karena itu, para calon penonton Timnas dianjurkan untuk menggunakan kendaraan umum saat menuju GBK.

Anjuran untuk menggunakan kendaraan umum kepada para penonton yang akan menuju GBK terkait dengan pengaturan arus lalu lintas di sekitar Senayan. Pasalnya ada jalur yang akan ditutup sejak pagi.

"Pada hari H, jalan Pintu Satu Senayan dari pertigaan lampu merah Hotel Fairmont sampai depan hotel Century akan ditutup mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai,” kata Head of Stadium Safety and Security Officer PSSI, Nugroho Setiawan.

Selain itu, setiap penonton harus mengetahui lokasi zona yang ada di tiket mereka. Sehingga akan lebih memudahkan dalam memasuki GBK. Apakah lebih dekat dari utara, timur, atau tenggara.

"Jangan sampai salah loket karena akan tertolak kalau tidak sesuai. Kalau dulu sektor, sekarang zona," jelas Direksi Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK), Gatot Tetuko, Jumat (12/01/18).

Para penonton pun tidak perlu repot membawa minuman dan makanan ke dalam stadion. Karena akan ada penjual resmi yang memang menjadi mitra dari pengelola GBK.

"Di tribun juga akan kami coba jual makanan yang dikelola GBK dan mitra," pungkas Gatot.

Bagi suporter yang sudah berada di area stadion dan hendak masuk ke dalam stadion, PSSI telah membagi menjadi 12 zona, A dan B. Untuk zona A, penonton akan diarahkan menuju tribun bawah. Sedangkan zona B akan berada di tribun atas. Di setiap zona, akan terdapat pintu masuk sesuai yang tertera di tiket.

© Internet
Baris kursi di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Copyright: Internet

Setelah berhasil lewati pintu masuk, penonton akan diarahkan menuju ke dalam untuk mencari baris nomor kursi yang berada di lantai (seperti di dalam bioskop).

Ketika sudah berada di baris kursinya, penonton hanya tinggal mencari nomor kursi yang sesuai dengan tiket. Penonton juga diharapkan tak perlu berebut kursi, lantaran di GBK yang baru ini kursi telah single seat. Sehingga hanya pemilik tiket sah yang berhak duduk di kursi penonton.

"Para penonton tidak perlu khawatir kesulitan mencari tempat duduk di SUGBK, karena pihak Panpel akan menempatkan petugas di masing-masing pintu untuk membantu penonton," ucap Deputi Pengembangan Bisnis Sekretaris Jenderal PSSI, Marsal Masita.

70