Liga Indonesia

Tak Main-main, PSSI Targetkan 3 Level Timnas Indonesia Juara Piala AFF di 2018

  • PSSI telah mencanangkan taget untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga di sejumlah event internasional tahun ini.
  • Fokus utama PSSI adalah memenangkan Piala AFF dari katergori kelompok umur hingga senior.
Minggu, 14 Januari 2018 02:47 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Abdurrahman Ranala
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Kongres Luar Biasa PSSI 2018 Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Kongres Luar Biasa PSSI 2018

Dalam Kongres Tahunan PSSI, Sabtu (13/01/18) di ICE BSD, Tangerang, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria menjelaskan akan ada target besar yang diusung oleh federasi di 2018 ini. Target tersebut adalah mengenai pencapaian Timnas Indonesia dari berbagai kategori mulai dari kelompok umur hingga senior.

Tak main-main, PSSI menyampaikan telah mematok agar Timnas senior juara Piala AFF 2018. Kemudian ada Timnas Indonesia U-19 serta U-16 yang juga diharapkan bisa juara di Piala AFF tahun ini. Tak hanya itu, ada target lainnya mengenai kiprah Timnas U-23 di Asian Games, Timnas U-19 dan U-16 di Piala AFC atau Asia.

"Timnas senior ditargetkan menjadi juara di Piala AFF, sementara Timnas U-23 masuk babak empat besar Asian Games. Kemudian untuk Timnas U-19 menjadi juara di Piala AFF dan masuk empat besar Piala Asia. Selanjutnya, Timnas U-16 juga ditargetkan juara di Piala AFF dan melenggang ke tiga besar Piala Asia," ucap Tisha dihadapan peserta Kongres.

Selain tim sepakbola pria, PSSI juga memasang target untuk Timnas Wanita U-16 serta senior. Namun, pada kelompok ini ada sedikit perbedaan dimana PSSI ingin terlebih dahulu memastikan tim lebih matang sehingga lebih siap berkompetisi lantaran Timnas wanita sudah vakum cukup lama.

"Untuk Timnas wanita di katergori U-16 diharapkan bisa masuk ke empat besar di Piala AFF. Sedangkan Timnas Wanita untuk Asian Games dan Piala AFF, pembentukan tim solid lebih dulu," urai Ratu Tisha.

Ratu Tisha Sekjen PSSI Copyright: Petrus Manus DaYerimon/Indosport.comRatu Tisha Sekjen PSSI

Target besar yang diusung PSSI tidak lain karena tahun ini Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk sejumlah event sepakbola bertaraf internasional. Beberapa event tersebut adalah Asian Games, Piala AFC U-19, Piala AFF U-19 dan U-16, Piala AFF Women U-16 dan senior.