Liga Indonesia

Sambut Asian Games 2018, Stadion GBK Diresmikan Jokowi

  • Stadion Gelora Bung Karno resmi kembali dibuka pada laga Timnas Indonesia vs Islandia. 
  • Stadion GBK sempat tertutup untuk umum karena harus direnovasi menyambut Asian Games.
Minggu, 14 Januari 2018 20:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Indosport/Herry Ibrahim
Renovasi SUGBK sudah mencapai 91 persen Copyright: © Indosport/Herry Ibrahim
Renovasi SUGBK sudah mencapai 91 persen

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara resmi menyatakan renovasi Stadion Gelora Bung Karno (GBK) telah selesai, dan sudah bisa dipakai. Hal itu terjadi setelah orang nomor satu di Indonesia itu menandatangani prasasti sebelum laga uji coba Timnas Indonesia vs Islandia, Minggu (14/01/18).

Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan jika Stadion GBK sudah bisa digunakan untuk aktifitas olahraga. Bersamanya turut hadir pula Wakil Presiden, Jusuf Kalla, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, Menteri PUPR; Basoeki Hadimoeljono, kemudian Mensesneg; Pratikno dan juga ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Presiden Jokowi membuka Piala Presiden 2017 Copyright: INDOSPORTPresiden Jokowi saat membuka Piala Presiden 2017

"Dengan mengucap bismillah dan menyebut nama Tuhan yang Maha Esa. Renovasi besar Stadion Gelora Bung Karno dengan ini saya resmikan. Dan sudah bisa dibuka serta digunakan," ucap Jokowi dalam pidatonya.

Seperti diketahui, sebelumnya Stadion GBK memang tertutup untuk umum, lantaran harus direnovasi untuk menyambut Asian Games 2018. Renovasi tersebut dimulai sejak Juli 2017 dan menelan dana yang cukup banyak, sekitar Rp700 miliar.

Begitu diresmikan oleh Jokowi, Stadion GBK langsung menyajikan laga perdana, antara Timnas Indonesia melawan Islandia yang saat ini sudah memasuki babak pertama dengan skor 1-1.

Pasca direnovasi, Stadion GBK memiliki sejumlah fasilitas mewah atau modern mulai dari penggunaan lampu LED Lux, tempat duduk khusus disabilitas, single seat, solar panel untuk menghemat listrik hingga rumput setara milik Allianz Arena.