Bola Internasional

Lolos Piala Dunia, Ternyata Sepakbola Bukan Jadi Olahraga Utama di Islandia

Minggu, 14 Januari 2018 13:26 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© The Nation
Pemain Islandia, saat rayakan lolosnya ke Piala Dunia 2018 Copyright: © The Nation
Pemain Islandia, saat rayakan lolosnya ke Piala Dunia 2018

Ada tiga olahraga yang popular di Islandia, yaitu Sepakbola, Bola Tangan dan Golf. Prestasi mendunia olahraga Islandia sudah dibuktikan dengan masuknya Islandia ke ajang sepakbola akbar dunia, Piala Dunia 2018 Rusia.

Namun ternyata dilansir Verlos.is, sebelum euphoria Piala Dunia memuncak di negara asal Sigur Ros tersebut, ternyata olahraga Bola Tangan-lah yang jadi olahraga yang terpopuler di Islandia. Tim Nasional Bola Tangan Islandia setiap tahunnya selalu berhasil raih trofi di semua ajang. Atlet olahraga bola tangan jumlahnya pun jauh lebih banyak disbanding olahraga lainnya.

© Getty Images
Para fans merayakan Timnas Islandia yang lolos ke Piala Dunia Copyright: Getty ImagesPara fans merayakan Timnas Islandia yang lolos ke Piala Dunia

Ada sekitar 10.000 orang di Islandia yang namanya tercatat resmi sebagai atlet Bola Tangan Islandia, jumlah tersebut bahkan terus meningkat tiap tahunnya.

Dalam 10 tahun terakhir Asosiasi Olahraga Nasional Islandia, dalam kerjasamanya dengan masyarakat kota, telah mampu meningkatkan fasilitas untuk berlatih olahraga dalam ruangan dengan membangun banyak rumah atletik yang besar. Penggunaan utamanya diperuntukkan untuk bola tangan.

© The Nation
Salah satu atlet bola tangan Islandia Copyright: The NationSalah satu atlet bola tangan Islandia

Namun selain tiga olahraga diatas, masyarakat Islandia juga senang olahraga lainnya, seperti golf, ski dan renang. Di Islandia, olahraga golf tengah alami peningkatan disbanding 10 tahun yang lalu. Terbukti tercatat banyak orang yang mendatangi lapangan golf untuk bermain tiap harinya.

Sementara Ski, olahraga yang hanya bisa dimainkan bulan Januari-Maret itu juga menyedot perhatian pecinta olahraga Islandia, karena tak setiap bulan olahraga ini dapat dimainkan. Di pusat kota Islandia sendiri, terdapat salah satu area Ski, yaitu Skálafell og Hengil-area. Atlet Ski Islandia yang sudah menyabet beberapa penghargaan kelas dunia adalah Kristinn Björnsson.

© INTERNET
Salah satu area ski di Islandia Copyright: INTERNETSalah satu area ski di Islandia
81