Liga Indonesia

Ada Nuansa Euro 2016 Usai Laga Timnas Indonesia vs Islandia

Senin, 15 Januari 2018 09:45 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Indosport/Herry Ibrahim
Timnas Indonesia vs Islandia. Copyright: © Indosport/Herry Ibrahim
Timnas Indonesia vs Islandia.

Pada Minggu (14/01/18) kemarin, Timnas Indonesia melakoni sebuah laga persahabatan. Tidak tanggung-tanggung, lawan yang Skuat Garuda adalah Islandia, yang notabene salah satu peserta Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pada pertandingan yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo sekaligus peresmian pembukaan Stadion Gelora Utama Bung Karno yang baru direnovasi, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Islandia dengan skor 1-4.

Menariknya, setelah laga tersebut selesai, para pemain Islandia tidak buru-buru langsung masuk ke ruang ganti. Alih-alih mereka berkumpul di tengah lapangan, mengikuti seorang anggota offisial tim mereka yang masuk membawa drum.

Kemudian dengan menggunakan instruksi tangan, para pemain Islandia meminta agar publik yang masih ada di GBK untuk tenang sejenak. Setelah suasana tenang, kemudian offisial tim Islandia menabuh drum yang diikuti dengan tepuk tangan serentak oleh seluruh pemain.

Kebiasaan yang dilakukan pemain Islandia ini sendiri dikenal dengan nama Viking Clap. Gerakan menepuk tangan ini sendiri sempat dipopulerkan Timnas Islandia dalam ajang Euro 2016 lalu di Prancis.

Saat itu, Gyfi Sigurdsson dan kolega bersama dengan para pendukungnya melakukan Viking Clap sebagai bentuk selebrasi setelah berhasil mengalahkan Inggris dan lolos ke babak 16 besar.

Setelah melakukan aksi Viking Clap tersebut, para pemain Timnas Islandia pun langsung disambut sorak sorai suporter Timnas Indonesia.

Sekadar informasi, salah satu pemain Islandia sukses mencetak hattrick, yakni Albert Gudmundsson dan ditambah dengan gol dari Arnor Smarason. Sementara dari Indonesia, satu-satunya gol yang tercipta berasa dari aksi Ilham Udin Armaiyn.

18