Liga Indonesia

Ini Alasan Persiba Masih Tetap Ngotot Agar Liga 1 Jadi 20 Tim

Senin, 15 Januari 2018 08:43 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Prio Hari Kristanto
© gerbang kaltim
Yaser Arafat Copyright: © gerbang kaltim
Yaser Arafat

Persiba Balikpapan menjadi klub yang paling getol menginginkan agar kompetisi liga 1 musim ini menjadi 20 tim dari sebelumnya 18 tim. Bahkan, keinginan itu disampaikan dalam Kongres PSSI yang digelar Sabtu (13/01/18) lalu.

Lalu apa alasan Manajemen Persiba agar kompetisi kasta tertinggi nasional itu diikuti 20 tim? Yaser Arafat, mewakili Manajemen Persiba, menyampaikan alasannya.

“Itu karena kita mengadopsi liga-liga sepakbola di eropa yang sudah maju, mereka sudah professional, mereka sudah berhasil dan terbukti,” ujar Yaser

"Mayoritas dari liga mereka yaitu dengan memakai sistem 20 tim. Liga Spanyol, Liga Italia, Liga Ingris, Liga Prancis. Hanya kalau tidak salah Liga Jerman dan Liga Belanda yang masih 18 tim,”

Menurutnya, dengan 20 tim maka kompetisi kasta tertinggi nasional itu persaingannya akan kompetitif. Masing-masing tim berusaha nenbentuk tim yang solid.

“Tujuannya apa semata-mata untuk menaikkan daya saing kompetisi, supaya kompetisinya lebih kompetitif. Itulah mengapa Persiba mengusulkan yang tadinya 18 menjadi 20 tim,” ujarnya.

Kata dia dengan format 20 tim, maka tim yang degradasi ke liga 2 menjadi empat tim. Sedangkan tim liga 2 yang promosi ke liga 1 menjadi empat tim.

© INDOSPORT/Petrus Manus Da Yerimon
Kongres PSSI 2018 Copyright: INDOSPORT/Petrus Manus Da YerimonKongres PSSI 2018

“Tekanannya beda, antara tiga yang degradasi dan empat yang degradasi. Jadi harapannya masing-masing klub memiliki kesiapan yang sangat matang di liga professional,” ujarnya.

“Sehingga ketika menjadi 20 tim otomatis Persiba akan masuk bersama Semen Padang. Tetap masih ada sistem degradasi dan promosi tetapi yang terdegradasi hanya urutan terbawah urutan 18.” katanya. 

Sebelumnya, di dalam hasil kongres PSSI Sabtu (13/01/18) lalu, ditetapkan bahwa peserta Liga 1 adalah 18 tim. Namun, terkait keputusan ini, ada protes dari dua tim yaitu Persiba dan Semen Padang. Persiba dan Semen Padang sendiri merupakan dua tim terdegradasi dari Liga 1 musim lalu. Bisa dibilang, jika Liga 1 dihuni 20 tim, maka kedua tim tersebut berpeluang bertahan di Liga 1 dan tak jadi terdegradasi. 

2