Liga Indonesia

Meski Kalah Telak dari Islandia, 2 Winger Timnas Indonesia Ini Tetap Dapat Pujian

Senin, 15 Januari 2018 01:29 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Abdurrahman Ranala
© Indosport/Herry Ibrahim
Timnas Indonesia vs Islandia Copyright: © Indosport/Herry Ibrahim
Timnas Indonesia vs Islandia

Timnas Indonesia baru saja menelan kekalahan menyakitkan dari peserta Piala Dunia 2018, Islandia dengan skor 1-4 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (14/01/18). Meski demikian, penampilan dua pemain Skuat Garuda tetap mendapat apresiasi dari pelatih Luis Milla.

Pelatih 52 tahun asal Spanyol itu mengatakan pergerakan dua winger lincah yakni Febri Hariyadi dan Osvaldo Haay kerap merepotkan Islandia terlebih di babak pertama.

"Dua pemain saya bermain bagus, bila tidak ada bola, mereka selalu masuk ke dalam dan mereka kerap bergantian, bertukar posisi dan itu membuat kita memiliki opsi yang berbeda. Kehadiran Osvaldo dan Febri membuat kedalaman tim kita terjaga," ucap Milla selepas laga.

"Pertukaran posisi keduanya, itu bagian dari strategi agar buat lawan terkejut karenanya kami beri opsi yang berbeda," imbuhnya.

Selain itu, Luis Milla menekankan jika ia memang menyukai setiap pemain yang bisa menjalani lebih dari satu peran sekaligus saat bermain. Karenanya ia kerap melakukan rotasi dan juga perubahan posisi bermain seperti pada Gavin Kwan (dari sayap ke bek), kemudian Septian David Maulana (winger ke gelandang serang) ataupun Ilham Udin Armayn (winger ke striker utama).

© Indosport/Herry Ibrahim
Timnas Indonesia vs Islandia Copyright: Indosport/Herry IbrahimTimnas Indonesia vs Islandia

"Kami mau adanya organisasi dalam permainan, karenanya kami mau semua pemain respek pada posisinya. Tapi, tidak masalah jika pemain mengisi posisi pemain lainnya ketika dibutuhkan," tutup Luis Milla.

Setelah melawan Islandia, Timnas Indonesia direncanakan akan menghadapi lawan dari kawasan Asia, yakni Jepang. Selain itu, PSSI  juga berniat mengundang negara dari Amerika Latin yaitu Chile, namun keduanya masih menunggu konfirmasi lebih lanjut.

462