Liga Indonesia

Persib 1-0 Sriwijaya FC: Laga Pembuka Berbuah Manis Bagi Tuan Rumah

Selasa, 16 Januari 2018 17:46 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil Pertandingan Persib Bandung vs Sriwijaya FC. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil Pertandingan Persib Bandung vs Sriwijaya FC.

Babak Pertama

Sriwijaya FC memulai kick off babak pertama dan mencoba melakukan possesion. Persib tak tinggal diam dan langsung melakukan pressing sejak awal. Meski Beto Goncalves terus dijaga ketat oleh Bojan Malisic, Laskar Wong Kito mampu menciptakan peluang. 

Novan Setia Sasongko melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun tendangannya masih melambung di atas gawang. Selanjutnya kedua tim saling jual beli serangan. Duel-duel keras juga beberapa kali terjadi di 10 menit awal babak pertama. 

Ezechiel N

Beto yang akhirnya bisa lolos dari penjagaan Bojan Malisic melapaskan sebuah tendangan first time di menit ke-11. Namun tendangannya masih melebar. Tiga menit berselang, Adam Alis mempertontonkan skill individunya dan melewati dua pemain Persib. Namun tendangan yang ia lepaskan masih melambung di atas gawang. 

Sriwijaya terus menyerang pertahanan Maung Bandung. Beto Goncalves kembali mencoba melepaskan tendangan ke arah gawang, namun tendangan menyusur tanah yang dilepaskannya masih terlalu lemah dan bisa diamankan M.Natshir. Dari sebuah skema sepak pojok, Sriwijaya kembali mendapat peluang. Namun sundulan Bio Paulin masih belum mampu mengubah papan skor. Persib langsung membalas menyerang, namun Ezechiel yang berdiri di lini pertahanan Sriwijaya sudah dalam posisi offside. 

Marco Sandy (Sriwijaya FC) berusaha menggagalkan aksi Ezechiel N

Pada menit ke-29, Billy Keraf hampir saja membuat Persib unggul. Mendapatkan bola clearence dari sepak pojok, Billy melepaskan tendangan keras. Tapi tendangannya masih melebar dari sasaran. Semenit berselang, giliran Ezechiel N'Douassel melakukan solo run tanpa bisa dihalau oleh Bio Paulin dan Ndiaye. Namun tendangan yang ia lepaskan tipis saja melebar dari gawang Teja Paku Alam. Pertandingan sementara melakukan jeda water break. 

Usai water break tensi pertandingan tetap tak menurun. Kedua tim langsung mencari peluang. Adam Alis kembali melakukan aksi individu namun tak membuahkan hasil. Aksi Adam Alis dibalas oleh Ezechiel dengan solo run-nya. Tapi tendangannya masih belum menemui sasaran. Kedua tim kembali jual beli serangan, namun hingga peluit tanda babak pertama berakhir skor masih belum berubah 0-0. 

Babak Kedua

Usai turun minum, Persib langsung mencoba menyerang. Billy Keraf yang berlari ke area pertahanan Sriwijaya FC nyaris saja lepas dari penjagaan, namun belum berhasil mendapatkan bola. Persib mendapatkan peluang lewat tendangan bebas sedikit saja di luar kotak penalti. Namun eksekusi Essien masih membentur pagar pemain. 

Dua peluang berturut-turut dibuat kedua tim. Persib melalui In-Kyun Oh mengancam pertahanan Sriwijaya namun umpan silang yang ia lepaskan bisa diamankan Teja Paku Alam. Sedangkan Beto Goncalves yang mendapat bola lambung tendangannya masih membentur pemain belakang Persib. 

Persib akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-55. Adalah In-Kyun Oh yang berhasil menjadi pencetak gol pertama di Piala Presiden 2018. Mendapatkan bola setelah terjadi kemelut di depan gawang, dengan sedikit sentuhan melewati penjagaan dua pemain Sriwijaya FC. In-Kyun Oh melepaskan tendangan keras ke tiang dekat tanpa bisa dihalau Teja Paku Alam. Skor sementara 1-0 untuk keunggulan Persib. 

Ketinggalan satu gol, Sriwijaya FC mencoba mengejar. Menit ke-61 Sriwijaya mendapat peluang emas melalui tendangan bebas. Syahrian Abimanyu yang menjadi eksekutor dengan cantik mengeksekusi bola melewati pagar pemain. Namun sepakan indahnya bisa ditepis dengan gemilang oleh M.Natsir. Selanjutnya Sriwijaya langsung mengganti dua pemain. Marco Sandy digantikan Alfin Tuasalamony, dan Abimanyu digantikan Yogi Rahadian. 

Persib juga melakukan dua pergantian pemain sekaligus di menit ke-70. Michael Essien digantikan Hariono, dan Eka Ramdani digantikan Dedi Kusnandar. Empat menit berselang, dua pemain kembali dimasukkan, Airlangga Sucipro menggantikan Puja Abdillah di kubu Persib dan Patrich Wanggai menggantikan Nur Iskandar di kubu Sriwijaya FC. Tak lama berselang, pertandingan memasuki water break. 

Usai water break Sriwijaya terus menerus menyerang. Menit ke-80 Patrich Wanggai yang baru masuk di babak kedua melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun tendangannya masih melambung di atas gawang Persib. 

Persib kembali membuat peluang emas dan kembali berkat tendangan bebas. Supardi menjadi eksekutor tendangan kali ini. Namun sepakannya hanya membentur mistar gawang. Tiga menit tambahan waktu diberikan wasit di babak kedua. Di injury time Persib masih sempat mengancam pertahanan Sriwijaya, namun Airlangga Sucipto sudah berada dalam posisi offside. 

Skor 1-0 bertahan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir dibunyikan. Pertandingan berakhir untuk kemenangan Persib Bandung. 

Berikut daftar susunan pemain kedua tim:

Persib Bandung: 

Natsir, Jupe, Supardi, Tony, Mali, Eka Ramdani, M Essien, Oh Inkyun, Puja Abdillah, Ezechiel Ndousel, Billy Keraf.

Sriwijaya FC: 

Teja Paku Alam, M Nur Iskandar, Bio, Novan, Adam Alis, Mamadou Diaye, Marco Sandi, Syahrian Abimanyu, Yu Hyun Ko, Beto, Konate.

464