Liga Indonesia

Semen Padang Datangkan Mantan Penyerang MU

  • Sejak regulasi Liga 2 untuk musim depan berubah, Semen Padang langsung berbenah menambah kekuatan skuatnya.
  • Semen Padang, lewat pelatihnya Win Bernadino, mengakui bahwa Elthon Maran memang akan bergabung dengan tim.
Selasa, 16 Januari 2018 05:30 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Elthon Maran saat menghadapi Semen Padang di ISC 2016 Copyright: © Taufik Hidayat/INDOSPORT
Elthon Maran saat menghadapi Semen Padang di ISC 2016

Semen Padang FC berlaku reaktif dengan merespon inkonsistensi regulasi Liga 2 Indonesia yang tidak lagi membatasi usia pemain justru setelah terdegradasinya klub berjulukan Kabau Sirah ini dari Liga 1 Indonesia 2017.

Reaksi cepat dilakukan tim pelatih Semen Padang FC dalam menyikapi perubahan mencolok dari pembatasan usia pemain, dibawah U-25 tahun di Liga 2 2017 menjadi bebas usia untuk musim 2018 dengan mendatangkan seorang pemain senior berusia 28 tahun yakni Aliazer Thoncy Elthon Maran, kerap disingkat Elthon Maran, winger eks PSMS Medan dan Madura United FC.

Kabar bergabungnya Elthon Maran ke markas klub milik perusahaan semen tertua tanah air dan Asia Tenggara itu dibenarkan manager tim Semen Padang, Win Bernadino, malam ini, Senin (15/01/18) malam.

"Ya betul. Elthon direkomendasikan oleh tim pelatih. Dia sudah ada di mess. Sore hari ini datangnya. Datangnya Elthon ini memang sebagai langkah cepat antisipasi kita pasca kongres," sebut  Win Bernadino.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Elthon Maran, saat masih membela Madura United Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTElthon Maran, saat masih membela Madura United

Menurut Win manajemen tim tidak menduga kalau peraturan berubah cukup drastis. "Setelah kongres, kita juga gak menyangka kalau peraturan berubah cukup drastis. Kita perkirakan palingan berubah cuma kuota senior bertambah 2-3 orang lagi dari regulasi tahun lalu. Tapi ternyata jauh berbeda. Bebas usia kecuali usia diatas 35 tahun menjadi 3 orang," terang pria berkacamata itu.

"Jadi kita harus berbenah. Harus ada perbaikan komposisi tim untuk menyikapi perubahan regulasi ini. Karena kalau tim lain banyak pemain senior sementara kita banyak pemain muda, takutnya bisa kalah di mental bertanding. Sebab yang dilawan adalah yang berpengalaman," ulasnya.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Elthon Maran saat menghadapi Semen Padang di ISC 2016 Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTElthon Maran saat menghadapi Semen Padang di ISC 2016

Semen Padang sendiri hampir merampungkan perburuan pemain berlandaskan regulasi lama. Tapi karena kepastian regulasi Liga 2 2018, rencana yang semula lebih banyak mengakomodir deretan pemain muda dibawah kelahiran 1993, bakal berimbas dengan perubahan kerangka utama tim yang telah terbentuk.

Namun, Win menyebutkan manajemen dan tim pelatih belum akan bicara pencoretan pemain yang ada saat ini. Walau pun perekrutan Elthon bukan akhir perburuan pemain senior oleh tim pelatih. Kemungkinan masih ada tiga sampai empat pemain lagi yang akan bertolak ke markas tim dari klub asal mereka masing-masing. 

© Bola Nasional
Pelatih Semen Padang, Win Bernadino Copyright: Bola NasionalPelatih Semen Padang, Win Bernadino

"Kita belum ada bicara pencoretan. Memang rencana awal kita tetapkan kuota 25 pemain. Tapi dengan kondisi begini, jumlah pemain yang akan disiapkan nantinya kita tunggu kembali usulan tim pelatih.Kita lihat nanti perubahan rencana komposisi pemain dari pelatih," lanjutnya.

"Untuk pemain senior berikutnya. Kita masih tunggu rekomendasi pelatih," pungkas Win.