Liga Indonesia

Barito Putera 1-1 Kalteng Putra: Tim Tamu Nyaris Permalukan Tuan Rumah

Rabu, 17 Januari 2018 21:41 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Piala Presiden 2018. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Piala Presiden 2018.

Babak Pertama

Bertanding di Stadion Aji Imbut, laga di Grup B antara Barito Putra kontra Kalteng Putra bermain dalam tempo sedang. Kedua tim seperti ingin mempelajari strategi masing-masing lawan. Sama-sama waspada untuk membangun serangan.

Melewati menit 20, barulah permainan kedua tim lebih terlihat. Terutama terlihat di skuat Barito. Serangan demi serangan terus dilakukan ke wilayah pertahanan Kalteng Putra. Namun, pola serangan Barito terlihat monoton. Sering mengandalkan kecepatan Rizky Pora dalam upaya menggedor pertahanan lawan. Alhasil, pertahanan Kalteng Putra yang tampil solid mampu dengan mudah mengantisipasi serangan skuat besutan Jacksen F Tiago ini.

Meski lebih banyak ditekan, pasukan Kalten Putra masih mampu sesekali melakukan  serangan balik. Terutama dengan mengandalkan kecepatan Michael Rumere. Meski tidak banyak, namun mampu membahayakan gawang Barito Putera yang dikawal Dian Agus.

Seperti aksi Kalteng Putra pada menit 37. Mereka mendapat peluang ketika Michael Orah mampu mengirimkan umpan silang ke depan depan gawang Barito. Diving header yang dilakukan pemain Kalteng Putra hanya mengenai samping gawang.

Di pengujung babak pertama, Samsul Arif cs mendapat peluang melalui sebuah tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Kalteng. Bola lambung yang dikirim sempat menciptakan kemelut. Namun skuat Barito tak mampu memanfaatkan peluang tersebut. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-0.

Babak Kedua

Jacksen F Tiago langsung melakukan pergantian dua pemain sekaligus. Paulo Sitanggang menggantikan Fajar Handika dan Jeki Arisandi digantikan Rony Beroperay. Pergantian pemain ini tidak langsung meningkatkan permainan tuan rumah. 

Justru tim tamu yang mendapat peluang emas. Menit 47, Kalteng Putra mendapat kesempatan emas melalui sebuah tendang bebas. Tendangan yang dilakukan mengarah tepat ke arah gawang namun berhasil ditepis Dian Agus. Hanya menghasilkan tendangan sudut.

Setelah sempat ditekan dalam 10 menit pertama babak kedua, Barito mulai bisa mengembangkan permainan. Namun, serangan yang dilancarkan terlalu monoton. Masih terlalu mengandalkan Rizky Pora. 

© Liga-indonesia.id
Selebrasi Rizky Pora. Copyright: Liga-indonesia.idSelebrasi Rizky Pora.

Kalteng Putra sendiri mulai banyak melakukan umpan-umpan langsung ke depan. Baik melalui umpan lambung maupun umpan terobosan. Tidak banyak menguasai bola di lini tengah seperti yang mereka lakukan di babak pertama. 

Menit 60, M Rais sempat mendapat peluang yang sangat bagus. Menerima umpan dalam kondisi tak terkawal, M Rais mampu menerobos kotak penalti Barito. Sayang tendangannya mengarah ke atas gawang Dian Agus. 

Tempo di babak kedua ini sedikit lebih tinggi. Hal ini karena permainan yang coba dikembangkan tim tamu. Kecepatan para pemain Kalteng Putra membuat skuat tuan rumah beberapa kali melakukan pelanggaran untuk meredam pergerakan lawan.

© Internet
Skuat Kalteng Putra FC Copyright: InternetSkuat Kalteng Putra FC

Gol pun akhirnya tercipta di pertandingan ini pada menit 70. Adalah Michael Rumere yang mampu mengejutkan tuan rumah. Berawal dari kekurangsigapan M Rifki, Rumere mampu menyerobot bola dan kemudian menggiringnya ke arah gawang. Kaki kiri Rumere pun mengirim tendangan lob yang tak mampu ditepis Dian Agus. Kalteng Putra unggul 1-0.

Gol tersebut melecut tuan rumah. Serangan sporadis pun segera dilakukan Rizky Pora dan kolega. Hasilnya muncul empat menit kemudian. Lewat umpan lambung di sisi kiri pertahanan Kalteng Putra, bola liar pun mengarah kepada M Rifki yang tidak terkawal. Bek Barito Putra ini pun mampu membayar penuh kesalahannya beberapa menit sebelumnya dengan mencetak gol penyama kedudukan.

Tensi pertandingan semakin tinggi. Dua pemain dari masing-masing tim langsung mendapat kartu kuning hanya beberapa menit setelah berada di dalam lapangan. Pertama diraih Uropmabin dari kubu tuan rumah dan kemudian Fakdawer setelah melanggar Packer.

Kedua tim saling ganti melakukan serangan. Namun, tak ada peluang yang mampu membahayakan gawang lawan. Hasil akhir tak ada perubahan, imbang 1-1. Inilah hasil seri pertama yang terjadi di Piala Presiden 2018.

Susunan Pemain Kedua Tim

Barito Putra: Dian Agus, Nazar Nurzaidin, Dandi Maulana, M Rifqi, Jeki Arisandi, Aaron Evans, Fajar Handika, Ady Setiawan, Samsul Arif, Patrick da Silva, Rizky Pora

Pelatih: Jacksen F Tiago

Kalteng Putra: Riki, Budhiar, M Zainal, Taufiq, Orah, Moses, Rumere, Dadang, Dominggus, Kushedya, M Rais

Pelatih: Kas Hartadi

3