Liga Italia

Gara-gara Hal Ini, Wonderkid Korea Utara Bisa Mustahil Gabung Juventus

Rabu, 17 Januari 2018 15:06 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© legab.it
Han Kwang-Song cetak tiga gol ke gawang Virtus Entella. Copyright: © legab.it
Han Kwang-Song cetak tiga gol ke gawang Virtus Entella.

Dewasa ini, mulai banyak pemain-pemain asal negara benua Asia yang mendapat kesempatan dan tampil gemilang di klub-klub Eropa. Tidak terkecuali negara diktator dan tertutup, Korea Utara.

Ya, negara yang berseberangan langsung dengan Korea Selatan tersebut ,saat ini punya satu pemain muda yang sedang menjadi sorotan, lantaran kegemilangannya bersama klub asal Italia, Perugia dengan status pinjaman dari Cagliari.

Pemain itu adalah Han Kwang-song. Keahliannya di lapangan hijau pun sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Pada Agustus 2017 lalu saja, ia berhasil membuat sejarah baru sebagai pemain asal Korut pertama yang bisa mencetak hattrick di Serie B Italia.

© Enrico Locci/Getty Images
Selebrasi Han Kwang-Song cetak gol ke gawang Joe Hart. Copyright: Enrico Locci/Getty ImagesSelebrasi Han Kwang-Song cetak gol ke gawang Joe Hart.

Catatan impresif milik Han tersebut pun membuat dirinya menjadi magnet bagi klub-klub besar lain untuk merekrutnya. Salah satunya raksasa Italia, Juventus.

Namun, proses kepindahannya Han ke La Vecchia Signora bisa jadi tidak akan pernah terjadi. Bukan karena harga transfer yang terlalu tinggi, melainkan karena kebijakan yang diberlakukan pemerintah Korea Utara kepada warganya.

© Chris Jung/NurPhoto via Getty Images
Bendera Korea Utara. Copyright: Chris Jung/NurPhoto via Getty ImagesPemerintah Korea Utara memiliki aturan yang ketat bagi setiap warga negaranya.

Dilansir dari Daily Mail, aturan di Korut menyatakan bahwa gaji yang didapat warganya yang bekerja di luar negeri harus diserahkan seluruhnya pada pemerintah. Jadi bila ada klub yang memiliki pemain asal Korut, klub tersebut secara tidak langsung memberikan uang kepada pemerintah Korut.

Akibat aturan tersebut, salah satu pemain Korut lainnya, Choe Song-hyok pada musim 2016/17 lalu juga terpaksa dilepas oleh Fiorentina. Alasannya karena mereka meresa ikut terlibat dalam pendaan proyek senjata nuklir yang tengah gencar dilakukan Korut.

Pihak Cagliari, yang memegang kontrak Han sendiri menyatakan bahwa mereka membayar langsung gaji kepad Han. Hanya saja mereka tidak mengurus apa yang dilaukan Han selanjutnya dari gaji yang diberikan klub.

aturan pemerintah Korut terhadap masyarakatnya memang terkenal ketat. Han sebelumnya sudah merasakan mendapat larangan dari pemerintah Korut untuk tampil dalam sebuah wawancara di salah satu stasiun televisi Italia.

3