Liga Indonesia

Penggawa Timnas U-19 dari Sumbar Dipanggil TC Timnas U-23

  • Putra asli SUmatera Barat, Muhammad Iqbal ikut dipanggil memperkuat Timnas Indonesia U-23.
  • Iqbal mulai berlatih bersama Timnas U-23 hingga 21 Januari 2018.
Rabu, 17 Januari 2018 08:49 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© PSSI
Aksi Muhammad Iqbal saat melewati hadangan lawan. Copyright: © PSSI
Aksi Muhammad Iqbal saat melewati hadangan lawan.

Gelandang Timnas U-19 asal PPLP Sumtera Barat, Muhammad Iqbal mendadak dapatkan panggilan dari PSSI untuk mengikuti Training Center (TC) Timnas U-23 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Selasa siang (16/01/18).

Surat Pemanggilan Pemusatan Latihan Timnas U-23 yang ditujukan untuk pemain kelahiran 27 Oktober 2000 itu dialamatkan oleh PSSI kepada Kepala UPT/PPLP Sumatera Barat.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
M. Iqbal, saat berlatih bersama Timnas U-19 Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTM. Iqbal, saat berlatih bersama Timnas U-19.

Hal ini diakui pelatih tim sepakbola PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar) Sumbar, Dedi Umar Putra yang dihubungi INDOSPORT, Selasa (16/01/17) siang.

"Ya, kita memang menerima surat resmi dari PSSI yang ditanda tangani oleh Sekjen Ratu Tisha perihal pemanggilan pemusatan latihan Timnas U-23 untuk Iqbal. Siang ini, Iqbal langsung berangkat ke Jakarta," sebut Dedi Umar.

"Suratnya bernomor 194/UDN/80/I-2-18 tertanggal Jakarta, 15 Januari 2018. Iqbal dipanggil ke Timnas U-23 untuk persiapan menuju test event Men's Football Asian Games 2018 dan Asian Games 2018 di Palembang dan Jakarta. Disitu tertera TC berjalan mulai 16 Januari sampai dengan 21 Januari," jelas Dedi.

Seperti diketahui, pasca memperkuat Timnas U-19 pada ajang Piala AFF U-18, September di Myanmar dan kualifikasi Piala Asia U-19 2018, November 2017 di Korea Selatan, Iqbal pulang kampung untuk melanjutkan study kelas 3 nya di SMA 5 Padang sambil dia dan rekan-rekannya serupa Egy Maulana Vikri, Rahmat Irianto dan lainnya kembali diterjunkan pada gelaran Piala AFF U 18 pada bulan Juli 2018 dan Piala Asia U-19, 18 Oktober - 4 November 2018 mendatang, dimana Indonesia menjadi tuan rumah.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
M. Iqbal, berfoto bersama Manajer Semen Padang Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTM. Iqbal, berfoto bersama Manajer Semen Padang.

Pemain yang dilirik oleh Semen Padang FC itu pun menjalani rutinitas berlatih dengan tim sepakbola PPLP Sumbar sebelum mendapatkan panggilan dari PSSI untuk ikut TC Timnas U-23.

"Semoga masuk tim inti dan menjadi kebanggaan penggiat dan pelatih sepakbola Sumbar. Mudah-mudahan eksistensi Iqbal di Timnas bisa menjadi ikon untuk bakat-bakat dan talenta-talenta sepakbola Sumbar berikutnya. Saya cuma bisa berharap nantinya semakin banyak Iqbal-Iqbal lainnya," harap pelatih berlisensi C AFC ini.

PPLP Sumbar kerap melahirkan sejumlah pemain Timnas Indonesia level usia muda yang cukup diperhitungkan. Selain M. Iqbal, Timnas U-19 pada era Evan Dimas cs, terdapat dua nama alumnus PPLP Sumbar yang ikut menjadi bagian sejarah juara Pala AFF U-19 2013 lalu. Mereka yakni Rully Desrian (penjaga gawang) dan Febly Gushendra (bek tengah).

"Ada juga Teja Paku Alam di Sriwijaya FC dan Irsyad Maulana di Semen Padang yang cukup punya nama di pentas sepakbola nasional. Alhamdulillah, mereka membanggakan almamaternya, PPLP Sumbar," tutup pria yang akrab disapa DU ini.