Liga Indonesia

Persib Main, Piala Presiden 2018 untung Miliaran Rupiah

  • Pembukaan Piala Presiden 2018 yang menghadirkan persaingan Grup A menghasilkan pendapatan sekitar Rp1,3 miliar.
  • Perhitungan tersebut didapat dari penjualan tiket pada laga pembuka Piala Presiden 2018.
Rabu, 17 Januari 2018 19:38 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Abdurrahman Ranala
© Arif Rahman/INDOSPORT
Koreografi dari Bobotoh pada laga pembukaan Piala Presiden 2018. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Koreografi dari Bobotoh pada laga pembukaan Piala Presiden 2018.

Pembukaan Piala Presiden 2018 yang dieselenggarakan di Gelora Bandung Lautan Api pada Selasa (16/01/18) kemarin terbilang cukup sukses. Pasalnya, turnamen pra-musim yang menghadirkan persaingan Grup A tersebut menghasilkan pendapatan sekitar Rp1,3 miliar.

Perhitungan tersebut didapat dari sejumlah penonton yang hadir pada laga pembuka Piala Presiden 2018 yang mempertemukan Persib Bandung dengan Sriwijaya FC, dan PSM Makassar kontra PSMS Medan.

Terhitung, ada sekitar 25.747 penonton yang datang memenuhi stadion kebanggaan Bandung tersebut. Dengan kehadiran pendukung tersebut, panitia pelaksana Piala Presiden 2018 pun mendapatkan penghasilan sebanyak Rp1,25 miliar.

Meledaknya jumlah penonton tersebut tak terlepas dari laga tuan rumah Persib. Pendukung setia Persib, Bobotoh, pun hampir mengisi penuh tribun yang ada di Stadion Gelora Bandung Lautan Api tersebut.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Presiden RI Joko Widodo saat membuka laga Piala Presiden 2018. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPresiden RI Joko Widodo saat membuka laga Piala Presiden 2018.

Sedangkan di pertandingan kedua, penonton pun secara drastis menurun. Tercatat, hanya ada 2.306 penonton yang menyaksikan laga PSM kontra PSMS. Masalah jarak dan akomodasi membuat kedua suporter tidak bisa memenuhi stadion tersebut.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuad Persib Bandung pada laga pembukan Piala Presiden 2018. Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSkuad Persib Bandung pada laga pembukan Piala Presiden 2018. Herry Ibrahim

Hadrinya Piala Presiden 2018 ini ternyata membukakan rejeki kepada sejumlah pedagang kaki lima dan pedagang asongan di Kota Bandung. Jumlah pedagang yang berada dalam radius 100 meter dari stadion tersebut terhitung mencapai 1.304 pedagang.