Liga Spanyol

Espanyol 1-0 Barcelona: Messi Jadi Penyebab Kekalahan Barcelona?

Kamis, 18 Januari 2018 05:02 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Getty Images
Sergio Busquets berusaha merebut bola dari penyerang Espanyol, Gerard Moreno Copyright: © Getty Images
Sergio Busquets berusaha merebut bola dari penyerang Espanyol, Gerard Moreno

Babak Pertama

Laga babak perempatfinal Copa del Rey antara Espanyol menghadapi Barcelona sudah dimulai. Barca langsung mengancam gawang tim tuan rumah lewat peluang yang didapatkan Lionel Messi dari tendangan bebas saat laga baru berjalan 2 menit. Namun sayang, sepakan bintang Argentina itu harus menghantam tiang gawang.

Setelah peluang tersebut, Barcelona terus-terusan menggempur pertahanan Espanyol. Tim tuan rumah juga kesulitan untuk keluar membangun serangan ke gawang Barcelona. Dimenit ke-15, lewat umpan datar Denis Suarez ke Carlos Alena, Barca memiliki peluang matang. Namun, Naldo datang untuk menghalau bola dari kaki Alena yang di laga ini nampaknya ditugaskan untuk menjadi penyerang tengah oleh Ernesto Valverde.

© INDOSPORT
Espanyol vs Barcelona, babak perempatfinal Copa del Rey Copyright: INDOSPORTEspanyol vs Barcelona, babak perempatfinal Copa del Rey

Hingga menit ke-35, Barcelona yang mendominasi jalannya pertandingan belum juga mampu menyelesaikan satu peluang matang yang mereka dapatkan. Hingga Espanyol yang malah memiliki peluang untuk mencetak gol pembuka. Pada menit ke-37, Moreno adu sprint dengan bek tengah Barca, Thomas Vermaelen yang akhirnya melakukan pelanggaran di luar kotak penalti. Kejadian ini sempat membuat para suporter tuan rumah marah kepada wasit yang tidak memberi peringatan apapun kepada Vermaelen.

Menit-menit terakhir babak pertama, Barcelona kembali menunjukkan dominasi mereka. Denis Suarez mendapatkan peluang yang berawal dari umpan Alena, namun sayang peluang tersebut belum bisa memberi gol untuk Blaugrana. Babak pertama berakhir dengan hasil imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai lagi! Barcelona yang terlihat buntu dalam serangan belum juga melakukan pergantian pemain saat memasuki babak kedua. Pada menit ke-50, Blaugrana mendapatkan peluang saat Vermaelen hendak meneruskan tendangan bebas Messi di mulut gawang Espanyol. Namun, bek tengah Espanyol, Naldo berhasil lebih cepat menjemput dan menyapu bola dengan tandukan sehingga bola keluar dari kotak penalti.

Yang melakukan pergantian pemain untuk kali pertama di laga ini adalah Barcelona. Tim tamu menarik Paulinho yang mengalami cedera dan memasukan Ivan Rakitic saat laga memasuki menit ke-54. Barcelona langsung kembali menguasai jalannya bola di lini tengah lapangan.

Pada menit ke-61, Esteban Granero melakukan pelanggaran di kotak terlarang saat menjatuhkan Sergi Roberto. Tendangan penalti untuk Barcelona. Namun, secara mengejutkan, Lionel Messi yang menjadi algojo harus tertunduk lesu usai tendangannya dari titik putih penalti berhasil digagalkan oleh kiper Espanyol, Diego Lopez.

Hingga waktu memasuki menit ke-80, kedua tim belum juga ada yang mencetak gol. Memalukan untuk Barcelona, karena mereka memiliki penguasaan bola sebesar 66% hingga menit ke-80 namun tak kunjung mencetak satu gol. Pada menit ke-84, Espanyol berusaha menembus pertahanan Barcelona dengan umpan silang dari penyerang sayap mereka, Marc Navarro. Namun sayang, dengan mudah umpan tersebut berhasil disapu oleh Gerard Pique.

Empat menit kemudian, secara mengejutkan Espanyol mencetak keunggulan 1-0 berkat Oscar Melendo. Pemain berusia 20 tahun itu membawa Espanyol unggul atas Barcelona saat laga menyisakan kurang lebih dua menit lagi.

Skor 1-0 untuk keunggulan Espanyol bertahan hingga peluit akhir berbunyi. Kemenangan ini menjadi modal yang bagus untuk Espanyol yang akan bertamu ke Camp Nou untuk leg kedua pada Jumat (26/01/18) depan.

Susunan Pemain

EspanyolDiego Lopez; O. Duarte, Naldo, Martin, Navarro; Fuego, Granero, Sanchez, David Lopez, Sergi Darder, Moreno

Barcelona: J. Cillessen; Vermaelen, Pique, Aleix Vidal, Digne; Paulinho, Busquets, Roberto, Suarez, Alena; Messi

74