Liga Indonesia

Madura United 5-0 Perseru Serui: Laskar Sapeh Kerrab Pesta Gol!

Kamis, 18 Januari 2018 21:36 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Lanjar Wiratri
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Raphael Maitimo, saat debut bersama Madura United Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Raphael Maitimo, saat debut bersama Madura United

Babak Pertama

Madura United melakukan serangan yang cukup rapi menghadapi Perseru Serui saat mengawali laga Grup C Piala Presiden 2018. Selama sembilan menit awal, belum ada gol yang mampu dihasilkan, namun perlawanan masih dilakukan dari kedua tim tersebut. 

Namun tak cukup waktu lama, umpan panjang yang diberikan Bayu Gatra pada Greg Nwokolo mampu dimanfaatkan hingga akhirnya mampu mencetak gol bagi Madura United di menit ke 14. Greg Nwokolo membuka keunggulan Laskar Sapeh Kerrab usai sukses mencetak gol dari dalam kotak penalti.

Davronov melakukan pelanggaran terhadap Lucas Mandowen di menit ke 16 hingga terpaksa mendapatkan kartu kuning dari wasit. Sebuah pelanggaran yang sebenarnya tak perlu ia lakukan. Slamet Nurcahyo juga sempat berusaha memberikan tendangan jarak jauh untuk menembus gawang Perseru, namun dua kali penyelamatan berhasil dilakukan oleh Annas Fitranto.

Perseru masih terus memberikan perlawan pada Madura United, namun kiper MU Angga Saputro masih tersebut melakukan penyelamatan untuk menjaga gawang mereka. Di sisi lain, Neri Alom rupanya juga memberikan perjuangan positif untuk mecoba membobol gawang Madura United di menit ke 25, namun masih juga belum mampu menghasilkan harapan yang diinginkan. 

Hujan mengguyur lapangan di 15 menit terakhir babak pertama. Tentunya kondisi tersebut akan menjadi kesulitan sendiri bagi para pemain. Menit ke 35, Slamet Nurcahyo memiliki peluang besar untuk menembus gawang namun kembali digagalkan oleh Al-Fath. 

Menit ke 41, umpan mendatar Greg Nwokolo berhasil diselesaikan dengan gerakan membalik badan Bayu Gatra dan diselesaikan dengan tumitnya, lalu bola pun akhirnya menembus gawang Perseru dengan apik. Madura United unggul sementara 2-0.

Babak pertama ditambah dua menit, menjadi kesempatan yang dilakukan untuk Perseru untuk membalikkan keadaan, namun Madura United tak begitu saja memberikan celah untuk ditembus. Hingga akhir babak pertama, Madura United masih belum mampu mencetak angka. Keunggulan masih dipegang oleh Madura United. 

Babak Kedua

Memulai kembali di babak kedua, Nwokolo telah melakukan pelanggaran terhadapa Atanya. Keduanya memang beberapa kali tertangkap duel sengit. Jarak pandang pemain cukup terbatas melihat kondisi hujan yang semakin deras. Lapangan dan bola pun semakin licin, dan mudah lolos ketika melakukan gocekan maupun perebutan. 

Anis Nabar masih terus berusaha melakukan serangan ke gawang MU. Namun masih juga gagal ia giring ke gawang yang dijaga oleh Angga. Anis Nabar kembali mecoba membobol di menit ke 51, namun Angga Saputro masih terus melakukan penyelamatan. Serangan bertubi-tubi dari Anis menjadi tantangan tersendiri bagi Angga.

Perseru Serui masih terus melakukan serangan, karena dengan serangan lah, tim tersebut mampu mencetak angka dan berusaha menyamai angka Madura United. Silvio Escobar sempat memiliki kesempatan untuk menembus gawang Madura United di menit ke 55, namun gagal usai ia terlalu banyak membuang waktu untuk melakukan eksekusi pada bola di kakinya. 

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Raphael Maitimo, saat debut bersama Madura United Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTRaphael Maitimo, saat debut bersama Madura United

Dari Madura United, N'koyi dan Lucky Wahyu akhirnya diturunkan dari bangku pemain ke lapangan untuk menggantikan Dovronov dan Engelberd Sani di menit 60. Sedangkan Perseru menarik Mandowen untuk digantikan dengan Medsido pada menit ke 62, begitu juga menurunkan Jaelani untuk menggantikan Saves Krey.

Madura United kembali menarik pemainnya, Selamet Nur Cahyo untuk digantikan oleh bekas pemain Persib Bandung, Raphael Maitimo yang baru bergabung pada musim ini, di menit ke 69. 

Tendangan bebas yang dilakukan oleh Greg di menit ke 71 berbuah manis hingga tendangannya berhasil menjebol gawang Perseru Serui. Greg pun total menyumbang dua gol untuk Madura United. Pada menit ke 73, Greg memiliki peluang besar lagi untuk membobol gawang Perseru, namun gagal karena timing yang tak begitu ia manfaatkan dengan baik.

Christian Gonzales menggantikan Bayu Gatra di gantikan di menit ke 74. Membuat Madura United semakin berbahaya dan menebar ancaman bagi Perseru dalam laga tersebut. Kesalahan pun sempat dilakukan oleh N'Koyi dengan memberikan umpan pada Cristian Gonzales. Bekas pemain Persib itu pun berhasil semakin membuat Madura United unggul jauh dari Perseru usai dirinya berhasil mencetak gol ke gawang Perseru di menit ke 78.

Greg Nwokolo pun menggiring bola hingga memasuki area gawang Perseru, sebelum berikan umpan pada Maitimo, hingga akhirnya Maitimo pun mampu mencetak angka kembali bagi Madura United di menit ke 81. Sebuah kerja sama yang benar-benar solid dalam urusan berbagi gol yang dilakukan oleh Greg. 

Laga pun mendapatkan tambahan dua menit. Namun tak ada gol yang tercipta lagi, terutama dari kubu Perseru Serui. Kemenangan pun berhasil diraih oleh Madura United dengan total skor 5-0. 

111