Liga Indonesia

Meski Kalah Jumlah Pemain, Persebaya Dominasi Babak Pertama

Kamis, 18 Januari 2018 16:34 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Agus Dwi Witono
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Piala Presiden 2018. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Piala Presiden 2018.

Bermain di laga pembuka Grup C Piala Presiden 2018, Persebaya Surabaya dan PS TNI menampilkan permainan terbuka. Kedua tim seperti tidak ingin kehilangan momentum untuk menjaga asa lolos dari penyisihan grup Piala Presiden 2018.

Bermain di depan pendukungnya sendiri Persebaya tampil cukup menekan sejak awal laga. Meski Stadion Gelora Bung Tomo tak dipadati pendukung setianya, Bonek Mania, namun hal itu tak membuat Bajul Ijo bermain tidak maksimal.

Malapetaka datang ke kubu tim tuan rumah pada menit ke-15, setelah kiper Miswar Saputra diusir dari lapangan. Hal itu disebabkan Miswar menahan bola di luar kotak penalti dengan tangan kirinya.

Dengan begitu, Persebaya pun memasukkan Dimas Galih untuk menjaga gawang di pertandingan ini. Dimas masuk menggantikan Abu Rizal Maulana.

PS TNI pun mulai mendapatkan kesempatan menyerang setelah memanfaatkan keunggulan pemain pada babak pertama ini. Namun sayang, mereka hanya mampu mendapatkan kesempatan yang tidak terlalu membahayakan gawang Persebaya.

Meski kekurangan jumlah pemain, tim besutan Angel Alfredo Vera tersebut tetap mendominasi pertandingan. Mereka berhasil memberikan tekanan melalui serangan-serangan berbahaya yang mengancam lini pertahanan sang tamu.

Pada menit ke-27, Persebaya mendapatkan peluang emas memanfaatkan sepak pojok. Namun, tandukan Rishadi Fauzi gagal mengarahkan si kulit bundar ke arah gawang. Hanya melebar ke sisi kanan gawang.

Lima menit berselang, Bajul Ijo kembali mendapatkan peluang emas usai memanfaatkan umpan terobosan yang diberikan pemain bertahan. Kiper PS TNI, Teguh sampi harus keluar dari gawangnya untuk menyundul bola.

Bola liar tersebut pun malah mengarah ke salah satu penggawa Persebaya. Namun sayang, sepakan pemain Persebaya tersebut masih lemah dan dapat diamankan pemain bertahan PS TNI.

Alhasil, kedua tim pun belum ada yang bisa mencetak angka di interval pertama ini. Hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama ini, skor laga ini masih 0-0.

Berikut Susunan Pemain Kedua Tim:

Persebaya Surabaya: Miswar, Fandry, Dutra, Ruben, Abu Rizal, Nelson, Rendi, Oktafianus, Rishadi, Pahabol

PS TNI: Teguh, Ganjar, Herwin, Abduh, Safri, Firmansyah, Manahati, Zerzouri, Ryan, Wawan, Bruno

16